PENGARUH PENGGUNAAN GOOGLE SITES TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD INPRES 20 AMBON

  • Britney Brice Wonley Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pattimura
  • Elsinora Mahananingtyas Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pattimura
  • Ode Abdurrachman Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pattimura
Keywords: Google Sites, IPAS, Hasil belajar

Abstract

Penggunaan Google Sites sebagai platform pembelajaran berbasis proyek telah menarik minat banyak pendidik, Google Sites menawarkan solusi yang fleksibel dan mudah digunakan untuk mengatasi tantangan pembelajaran dengan gaya belajar yang berbedabeda, dengan menggunakan google sites, guru dapat menyediakan pembelajaran yang efektif dan menarik bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh penggunaan google sites terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Inpres 20 Ambon. Metode eksperimen dengan desain pre-test dan post-test digunakan melibatkan 29 siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa setelah menggunakan google sites untuk membuat proyek portofolio digital mengalami peningkatan hasil belajar yang signifikan pada kemampuan mencerna dan memahami siswa dibandingkan dengan sebelum. Hal ini mengindikasikan bahwa google sites dapat menjadi media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-08-28