ANALISIS KESALAHAN EJAAN DALAM MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SD NEGERI 41 AMBON
Abstract
Ejaan adalah penggambaran bunyi bahasa dalam tulisan serta penggunaan tanda baca. Penggunaan huruf, penulisan kata, dan penggunaan tanda baca tidak boleh diabaikan karena akan mengakibatkan perbedaan makna. Siswa dapat melatih keterampilan menulisnya melalui sebuah karangan, karena dalam karangan siswa dapat menceritakan tentang sesuatu yang ada dalam pikiran, berupa ide atau gagasan. Metode penelitian menggunakan pendekatan penelitian secara kualitatif, penelitian kualitatif adalah penelitian yang bersifat deskriptif yang cenderung menggunakan analisis. Penelitian ini dilakukan terhadap penulisan huruf besar, penulisan kata, penulisan kalimat. Kesalahan ejaan pada penggunaan huruf kapital dan tanda baca masih disebut kurang karena setelah dianalisis terdapat kurangnya pemahaman pada siswa saat menulis karangan narasi yang dibuat oleh guru. Kesalahan tersebut dikarenakan siswa kurang memahami kaidah dalam penulisan dan penggunaan ejaan yang disempurnakan, sehingga melanggar kaidah yang telah ditetapkan.
Downloads
Copyright (c) 2025 Novalitha Ansye Kainama, Nulice Alerbitu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.