Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi PKn Kelas V SD Kristen Kalar-Kalar Kecamatan Aru Selatan

  • Yopi A Laelaem Program Studi PGSD PSDKU Universitas Pattimura Ambon, Indonesia
  • Nathalia Yohana Johannes Program Studi PGSD Universitas Pattimura Ambon, Indonesia
Keywords: Metode Bermain Peran, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Metode Bermain Peran dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi PKn kelas V SD Kristen Kalar-Kalar Kecamatan Aru Selatan.. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. V SD Kristen Kalar-Kalar dengan jumlah siswa 24 siswa, laki-laki 13 dan Perempuan 11. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Concept Sentence dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi. Hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar untuk tiap-tiap siklus yaitu pada siklus I terdapat 10 siswa (41%) telah memperoleh nilai >65namun masih terdapat 14 siswa (58%) yang belum memperoleh nilai<65.Sedangkan siklus II terdapat 22 siswa (91%) telah memperoleh nilai >65 dan hanya terdapat 2 siswa (8%) yang tidak tuntas. Peningkatan tersebut menunjukkan bahwa melalui Penerapan Metode Bermain Peran tentang materi Mendeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada siswa kelas V SD Kristen Kalar-KalarKecamatan Aru Selatan dinyatakan berhasil.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-11-28