MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK TUNALARAS DI SLB NEGERI BATU MERAH AMBON
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang praktik pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus yang mengalami gangguan emosi dan perilaku (tunalaras) di SLB Negeri Batu Merah Ambon. Anak tunalaras adalah anak yang mengalami kesulitan dalam mengelola emosi dan perilaku, sering kali menunjukkan reaksi yang tidak sesuai dengan norma sosial di sekitarnya. Kondisi ini dapat dipicu oleh faktor internal seperti keturunan, kondisi psikologis, atau masalah dalam pertumbuhan dan perkembangan, serta faktor eksternal seperti lingkungan keluarga, sekolah, dan sosial yang tidak mendukung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara langsung dengan guru di SLB Negeri Batu Merah Ambon yang memiliki pengalaman dalam menangani anak tunalaras, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran untuk anak tunalaras memerlukan pendekatan yang fleksibel, empatik, dan individual. Media pembelajaran yang efektif mencakup gambar dan visual sederhana untuk membantu pemahaman materi dan komunikasi, serta permainan edukatif seperti puzzle dan bola warna-warni untuk melatih keterampilan motorik halus, logika, kesabaran, dan interaksi sosial.
Downloads
Copyright (c) 2025 Aprillia Alfons, Flora Rumetna, Wa Misna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.