PERAN LINGKUNGAN BAGI ANAK TUNA DAKSA DI SLB NEGERI BATU MERAH AMBON
Abstract
Anak tunadaksa artinya individu dengan kendala fisik yang memerlukan perhatian khusus pada berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan, sosial, serta psikologis. Dukungan lingkungan, baik dari keluarga, sekolah, maupun rakyat, memegang peranan penting pada membantu anak tunadaksa mengembangkan potensi diri secara optimal. Penelitian ini bertujuan buat menyelidiki peran penting dukungan lingkungan dalam meningkatkan kualitas hidup anak tunadaksa. Metode yang dipergunakan merupakan studi pustaka dan observasi kasus. akibat kajian menunjukkan bahwa lingkungan yang inklusif, suportif, dan responsif terhadap kebutuhan khusus anak tunadaksa mampu meningkatkan kepercayaan diri, motivasi belajar, dan partisipasi sosial mereka. sebaliknya, kurangnya dukungan dapat memperburuk kondisi psikologis serta membatasi akses terhadap pendidikan dan interaksi sosial. oleh karena itu, diperlukan sinergi antara keluarga, tenaga pendidik, serta kebijakan pemerintah untuk membangun lingkungan yang ramah serta memberdayakan anak tunadaksa.
Downloads
Copyright (c) 2025 Imelda Salasiwa, Wulandari Nacikit, Elsiyana Lesnussa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.