PERAN LINGKUNGAN BAGI ANAK TUNA DAKSA DI SLB NEGERI BATU MERAH AMBON

  • Imelda Salasiwa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Pattimura, Indonesia
  • Wulandari Nacikit Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Pattimura, Indonesia
  • Elsiyana Lesnussa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Patimura, Indonesia
Keywords: Anak Tuna Daksa, Dukungan Lingkungan, Inklusi, Pendidikan Khusus, Pemberdayaan

Abstract

Anak tunadaksa artinya individu dengan kendala fisik yang memerlukan perhatian khusus pada berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan, sosial, serta psikologis. Dukungan lingkungan, baik dari keluarga, sekolah, maupun rakyat, memegang peranan penting pada membantu anak tunadaksa mengembangkan potensi diri secara optimal. Penelitian ini bertujuan buat menyelidiki peran penting dukungan lingkungan dalam meningkatkan kualitas hidup anak tunadaksa. Metode yang dipergunakan merupakan studi pustaka dan  observasi kasus. akibat kajian menunjukkan bahwa lingkungan yang inklusif, suportif, dan  responsif terhadap kebutuhan khusus anak tunadaksa mampu meningkatkan kepercayaan  diri, motivasi belajar, dan  partisipasi sosial mereka. sebaliknya, kurangnya dukungan dapat memperburuk kondisi psikologis serta membatasi akses terhadap pendidikan dan  interaksi sosial. oleh karena itu, diperlukan sinergi antara keluarga, tenaga pendidik, serta kebijakan pemerintah untuk membangun lingkungan yang ramah serta memberdayakan anak tunadaksa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-05-15