Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Kerjasama Siswa Sekolah Dasar

  • Nayun N S Waemese Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pattimura Ambon, Indonesia
  • Yulianti Sialana Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pattimura Ambon, Indonesia
  • Tidoris Liligoly Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pattimura Ambon, Indonesia
  • Fian F Cinde Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pattimura Ambon, Indonesia
Keywords: Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Sikap Kerjasama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaaran Poblem Based Learning, (PBL). Kemampuan berpikir kritis merupakan keterampilan penting yang dibutuhkan siswa di era modern untuk menganalisis, mengevaluasi informasi, dan membuat keputusan yang logis. Namun, rendahnya kemampuan ini seringkali disebabkan oleh model pembelajaran yang kurang melibatkan siswa aktif dalam pemecahan masalah. Model PBL dipilih sebagai alternatif  karena memposisikan siswa pada masalah kontekstual yang nyata, untuk mendorong mereka mencari solusi secara mandiri maupun kelompok. Subjek penelitian ini adalah siswa di tingkat pendidikan Sekolah Dasar. Instrumen yang digunakan tes dan non tes. Data dikumpulkan dengan menggunakan soal evaluasi untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan sikap kerja sama siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap kerjasama siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, A. G., & Ridwan. (2008). Model pembelajaran Problem Based Learning. Bandung: UPI Press.

Abdullah, I. H. (2013). Berpikir kritis dalam matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 1-12.

Anugraheni, I. (2020). Pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 121-132.

Azizah, N., Suryawati, E., & Wahyuni, S. (2014). Pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 23(2), 123-134.

Barrows, H. S. (1982). Problem-based learning in medicine. New York: Springer Publishing Company.

Bekti Wulandari. (2013). Model Problem Based Learning. Surakarta: Fairuz Media.

Duch, B. J. (1995). What is problem-based learning. About teaching, 47(1), 4-5.

Finkle, D. L., & Torp, L. L. (1995). Introductory document: What is problem-based learning? Illinois: Illinois Mathematics and Science Academy.

Hardika Syaputra. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Perpustakaan IAI Agus Salim April .

Helmiati. (2007). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Asrori.

Hidayat, S., Dkk. (2008). Kemampuan Berpikir Kritis. Jakarta: Erlangga.

I Wayan Redhana . (2013). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Dan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran,46 (1).

Lieung, A. (2019). Berpikir Kritis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Novitasari, M. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis. Jakarta: Erlangga.

Neufeld, V. R., & Barrows, H. S. (1974). The “Mcmaster Philosophy”: An Approach To Medical Education. Journal Of Medical Education, 49(11), 1040-1050.

Saiful Prayogi ,Muhammad Asy’ Ari. (2021). Implementasi Model PBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis. Prisma Sains :Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran MIPA IKIP Mataram, 1(1), 79-87

Saptono. (2003). Problem Based Learning. Surakarta: UNS Press.

Saputri, A. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(2), 123-134.

Soedjadi, R. (1995). Kiat Pembelajaran Matematika. Jakarta: Erlangga.

Sunanik. (2014). Teori Konstruktivisme. Jakarta: Erlangga.

Suradijono. (2004). Pembelajaran Berbasis Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.

Syamsidah & Hamidah. (2018). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Asrori.

Syutaridho, M. (2016). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 121-132.

Steve, B. (1991). Kemampuan Berpikir Kritis. Jakarta: Erlangga.

Taube, K. (1995). Kemampuan Berpikir Kritis. Jakarta: Erlangga.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Umam, K. (2018). Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Windha Setyaningrum,Asri Laksmi Riani,Dewi Kusuma Wardani. (2022). Efektifitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kompetensi Peserta Didik. PROCEDING Literasi Dalam Pendidikan di Era Digital Untuk Generasi Milenial

Widodo, A., Dkk. (2019). Berpikir Kritis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Published
2025-11-30