Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar

  • Nulice Alerbitu Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pattimura Ambon, Indonesia
  • Nurita Ode Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pattimura Ambon, Indonesia
  • Dorci Selangur Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pattimura Ambon, Indonesia
  • Elian A Wali Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pattimura Ambon, Indonesia
  • Jiny E Rumappar Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pattimura Ambon, Indonesia
Keywords: Inquiry Learning, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Inquiry Learning pada pembelajaran tematik terpadu berdasarkan beberapa penelitian terdahulu yang dilihat dari seberapa besar peningkatkan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran tersebut. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di sekolah dasar yang dikarenakan masih banyak guru yang kurang menerapkan model pembelajaran inovatif dan penerapan karakteristik pembelajaran tematik terpadu yang masih belum terlihat, guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran Inquiry Learning merupakan rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berfikir kritis dan analistis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari permasalahan yang dipertanyakan. Metode penelitian ini yaitu studi literatur (Library Research) atau penelitian kepustakaan. Dari hasil analisis data menunjukan bahwa model pembelajaran Inquiry Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus, L., Syawaluddin, A., & Afiah, N. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik. Lempu PGSD, 2(1), 30-35.

Alerbitu, N., Harsiati, T., Hasanah, M. (2021). Assessment for Learning Dalam Pembelajaran Menulis Karangan Narasi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6 (7), 1099-1107. DOI: 10.17977/jptpp.v6i7.14932.

Anggareni, N. W., Ristiati, N. P., & Widiyanti, N. L. P. M. (2013). Implementasi strategi pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep IPA siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(1).

Astuti, N., Izzati, A. N., Lampung, U., Sumantri Brojonegoro, J., Meneng Kec Rajabasa, G., & Bandar Lampung, K. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SDN 2 Campang Raya, Sukabumi Bandar lampung. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 8(2), 161–170.

Daga, A. T., & Budi, A. S. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Genta Mulia, 16(2), 107-114

Dilliati, F. N., Wiryokusumo, I., & Leksono, P. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Sd. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(2). http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE

Fatimatuzzahra, S., Widodo, S., Maulidina Hs, A. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri Tasikmadu 1. Prosiding Sentratama: Seminar Tranformasi dan Teknologi Pendidikan Al Hikmah, 1, 360-381.

Hendrawati, R., Dewi Koeswanti, H., Radia, E. H., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Kristen, U., & Wacana, S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Tema 7 Melalui Model Pembelajaran Inquiry Pada Siswa Kelas 5 Sdn Cebongan 01 Salatiga Semester Ii Tahun 2018/2019 (Vol. 3, Issue 1). https://jbasic.org/index.php/basicedu

Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 20-29.

Jurnal, L., Tohir, A., & Mashari, A. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 27 Tegineneng. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 48–53.

Khoerunnisa, Putri, & Aqwal, Syifa Masyhuril. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441

Mauli, R. M. R., & Aziziy, Y. N. (2023). Penerapan model pembelajaran inquiry learning untuk meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia, 2(2), 38-47.

Mika Nurhadi, J. (n.d.). Waluyo Iskak (2018). Literasi Digital dalam Agama dan Sains. Jakarta: Prosiding Seminar Nasional

Mizaqon, T. A. & Purwoko, B. (2017). Studi Kepustakaan mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Expressive Writing. Jurnal BK Unesa, 8(1).

Nurhayati, A., Panjaitan, R. L., & Djuanda, D. (2016). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gaya gesek. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 131-140.

Pury Widyastuti, F., & Widi Wardani, K. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Inquiry Learning. Jurnal Kiprah, 6(1), 1-13. http://ojs.umrah.ac.id/index.php/kiprah/index

Putu Agung Dharmayanti Negeri, D. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Vi Semester I Sdn 3 Sudaji. Indonesian Journal of Educational Development, 3(1). https://doi.org/10.5281/zenodo.6575115

Sanita, R., & Anugraheni, I. (2020). Meta Analisis Model Pembelajaran Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 567. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2949

Santoso, R. A., Budi, A., & Yuni, R. (2025). Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vi Sdn 01 Papahan Karanganyar Tahun 2025. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha: Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran, 12(2), 26-32. DOI: https://doi.org/10.36728/jmsg.v12i2.5526

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal penelitian bidang IPA dan pendidikan IPA, 6(1), 41-53.

Setiawati, T., & Sri Rahayu, T. (n.d.). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPA dan Bahasa Indonesia Kelas 5 SD.

Silaban, T. A. E., Sinaga, R., Simarmata, E. J., Silaban, P. J., & Lumbanraja, B. (2025). Pengaruh Model Inquiry Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV di SD Negeri 064023 Medan Tuntungan Tahun Pembelajaran 2024/2025. Jurnal Ilmiah Aquinas, 229-246.

Wayan Juniati, N., & Wayan Widiana, I. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar.1(1).

Yofamella, D., & Taufik, T. (2022). Penerapan Model Inquiry Learning Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(2), 159-172, http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd

Zahro, S. A., & Zahra, C. A. (2025). Inovasi Dalam Metode Dan Model Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Tingkat Sekolah Dasar. Sospendis: Sosiologi Pendidikan dan Pendidikan IPS, 3(2), 215-223.

Published
2025-11-30