Penerapan Strategi Pembelajaran Kinestetik Dalam Perkembangan Belajar dan Keterampilan Pada Siswa Kelas III SD Negeri 41 Ambon

  • Maryos Ipaubla Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pattimura Ambon, Indonesia
  • Septania Kastilong SD Negeri 41 Ambon
  • Jamila Wania SD Negeri 41 Ambon
  • Izabela Zimbiak SD Negeri 41 Ambon
  • Iklima Titawael SD Negeri 41 Ambon
Keywords: Pembelajaran Kinestetik, Perkembangan Belajar, Keterampilan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan strategi pembelajaran aktif dan kinestetik guna meningkatkan perkembangan dan keterampilan siswa secara menyeluruh, baik fisik, sosial, emosional, maupun kognitif pada siswa kelas III SD Negeri 41 Ambon Tahun Ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti, dimana peneliti bertindak sebagai pelaksana pembelajaran, dan guru kelas III bertindak sebagai observer. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas III SD Negeri 41 Ambon yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif, kemudian disajikan dalam bentuk tabel dan narasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam perkembangan menyeluruh siswa. Pada siklus I, perkembangan fisik mencapai 68%, sosial 64%, emosional 62%, dan kognitif 66% (kategori sedang). Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi fisik 92%, sosial 88%, emosional 90%, dan kognitif 94% (kategori sangat baik). Dengan demikian, penerapan strategi pembelajaran aktif dan kinestetik terbukti efektif meningkatkan perkembangan dan keterampilan siswa kelas III SD Negeri 41 Ambon secara holistik melalui proses belajar yang melibatkan keaktifan tubuh dan pikiran secara seimbang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The Exercise of Control. New York: Freeman.

Bonwell, C. C., & Eison, J. A. (1991). Active Learning: Creating Excitement in the Classroom. Ashe-Eric Higher Education Report No. 1. Washington, DC: The George Washington University.

DePorter, B., & Hernacki, M. (2000). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Donnelly, J. E., Hillman, C. H., Castelli, D., Etnier, J. L., Lee, S., Tomporowski, P., Lambourne, K., & Szabo-Reed, A. N. (2016). Physical Activity, Fitness, Cognitive Function, and Academic Achievement in Children: A Systematic Review. Medicine and Science in Sports and Exercise, 48(6), 1197-1222.

Gallahue, D. L., & Ozmun, J. C. (2006). Understanding Motor Development: Infants, Children, Adolescents, Adults (6th ed.). New York: McGraw-Hill.

Gardner, H. (1983). Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. New York: Basic Books.

Goleman, D. (2000). Emotional Intelligence. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hillman, C. H., Erickson, K. I., & Kramer, A. F. (2008). Be Smart, Exercise Your Heart: Exercise Effects on Brain and Cognition. Nature Reviews Neuroscience, 9(1), 58-65.

Jensen, E. (2008). Brain-Based Learning: Pembelajaran Berbasis Kemampuan Otak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2009). An Educational Psychology Success Story: Social Interdependence Theory and Cooperative Learning. Educational Researcher, 38(5), 365-379.

Mahar, M. T., Murphy, S. K., Rowe, D. A., Golden, J., Shields, A. T., & Raedeke, T. D. (2006). Effects of a Classroom-Based Program on Physical Activity and On-Task Behavior. Medicine and Science in Sports and Exercise, 38(12), 2086-2094.

Mullender-Wijnsma, M. J., Hartman, E., de Greeff, J. W., Bosker, R. J., Doolaard, S., & Visscher, C. (2015). Improving Academic Performance of School-Age Children by Physical Activity in the Classroom: 1-Year Program Evaluation. Journal of School Health, 85(6), 365-371.

Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2008). Human Development (11th ed.). New York: McGraw-Hill.

Piaget, J. (1952). The Origins of Intelligence in Children. New York: International Universities Press.

Prince, M. (2004). Does Active Learning Work? A Review of the Research. Journal of Engineering Education, 93(3), 223-231.

Ratey, J. J., & Hagerman, E. (2008). Spark: The Revolutionary New Science of Exercise and the Brain. New York: Little, Brown and Company.

Santrock, J. W. (2011). Life-Span Development (13th ed.). New York: McGraw-Hill.

Silberman, M. L. (2006). Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia.

Slavin, R. E. (2006). Educational Psychology: Theory and Practice (8th ed.). Boston: Pearson Education.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Zaini, H., Munthe, B., & Aryani, S. A. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Published
2025-11-30