PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD JACOBUS AHURU
Abstract
Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang menyederhanakan berbagai bentuk mata pelajaran yang diintegrasikan dalam satu tema tertentu. Adapun penilaian yang dilkukan melalui tiga aspek yaitu kognitif (pengetahun), afektif (sikap), dan psikomotor (keterampilan). Namun dalam proses penerapannya guru kelas V SD Jacobus Ahuru mengalami kedala yang dibuktikan dengan redahnya hasil belajar siswa terutama pada aspek kognitif. Oleh sebab itu peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SD Jacobus Ahuru. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yang dilaksanakan melalui beberapa tahapan siklus sampai tercapainya indikator pencapaian. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Jacobus Ahuru tahun ajaran 2022 yang berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data yang diperoleh berupa observasi, dokumentsi, dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan Normalisasi Gain (N-gain). Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Cooperative Script hasil belajar siswa pada tes awal angka rata-rata 45% sedangakan pada hasil siklus I mengalami peningkatan menjadi rata-rata 70% dan pada siklus II angka rata-rata menjadi 88,46 % mencapai kategori nilai baik
Downloads
Copyright (c) 2024 Florensya Makaruku, Ariantje Lesnussa, Nathalia Y. Johannes

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.