PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD JACOBUS AHURU

  • Florensya Makaruku Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pattimura
  • Ariantje Lesnussa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pattimura
  • Nathalia Y. Johannes Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pattimura
Keywords: Penelitian Tindakan Kelas, Normalisasi Gain (N-Gain), Cooperative Script, Hasil Belajar

Abstract

Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang  menyederhanakan  berbagai  bentuk  mata pelajaran  yang  diintegrasikan  dalam   satu  tema  tertentu. Adapun penilaian yang dilkukan melalui tiga aspek yaitu kognitif (pengetahun), afektif (sikap), dan psikomotor (keterampilan). Namun dalam proses penerapannya guru kelas V SD Jacobus  Ahuru mengalami kedala yang dibuktikan dengan redahnya hasil belajar siswa terutama pada aspek kognitif. Oleh sebab itu peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script sebagai  upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SD Jacobus Ahuru. Penelitian  ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yang dilaksanakan  melalui beberapa tahapan siklus sampai tercapainya indikator pencapaian. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Jacobus Ahuru tahun ajaran 2022 yang berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data yang diperoleh berupa observasi, dokumentsi, dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan Normalisasi Gain (N-gain). Hasil  penelitian menunjukan bahwa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Cooperative Script  hasil belajar siswa pada tes awal  angka rata-rata 45% sedangakan pada hasil siklus I mengalami peningkatan menjadi rata-rata  70% dan pada siklus II angka rata-rata menjadi 88,46  % mencapai kategori nilai baik

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-08-31