PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV PADA SD NEGERI 2 AMAHUSU

  • Sinthya Tuhumury Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Pattimura
  • Lisye Salamor Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, FKIP Universitas Pattimura
  • Titus Gaite Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, FKIP Universitas Pattimura
Keywords: game online, minat belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh game online terhadap minat belajar siswa kelas IV. Dilaksanakan Pada SD Negeri 2 Amahusu, kecamatan Nusaniwe, kota Ambon pada bulan Oktober 2022. Sampel yang digunakan adalah Siswa kelas IV yang berjumlah 16. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuantitatif dengan program bantu SPSS. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik Observasi, wawancara serta kuesioner (Angket) yang isinya  26 pernyataan yang dihasilkan dari variabel X dan variabel Y. hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh antara variabel X dan variabel Y yaitu sebesar 0,830 dengan tingkat pengaruh berdasarkan nilai signifikasi sebesar 0,05% dan berdasarkan nilai t: diketahui nilai rhitung = 0,830 > rtabel = 0,497. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel X (game online) berpengaruh terhadap variabel Y (minat belajar).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-07-11