KEMAMPUAN BERPIKIR ABSTRAK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ALAT PERAGA PADA MATERI PECAHAN DI KELAS 4 SD NEGERI IMABATAI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir abstrak siswa dalam mengembangkan media pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa di SD Negeri Imabatai. Teknik pengumpulannya adalah wawancara, tes, dokumentasi dan teknik analisisnya menggunakan indikator yang digunakan mengikuti indikator kemampuan berpikir abstrak dan pengumpulan data adalah penilaian hasil wawancara jika diperlukan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir abstrak siswa dalam mengembangkan media pembelajaran termasuk dalam model modifikasi yaitu mengubah suatu media pembelajaran sehingga menjadi lebih menarik dan lebih praktis; (2) mahasiswa mengembangkan media pembelajaran matematika berdasarkan permasalahan yang ditemukan, agar membantu siswa dalam pemahaman materi pembelajaran; (3) tingkat kreativitas siswa dalam mengembangkan media pembelajaran sangat tinggi meskipun dengan adanya media-media pembelajaran yang sederhana.
Downloads
Copyright (c) 2025 Dinci Tutuala, La Suha Ishabu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.