PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS IV SD KRISTEN BELSO B1 AMBON

  • Niklas W Resmol Program Studi Pendidikan Guru SD Universitas Pattimura Ambon
  • Ribka L Ririhena Program Studi Pendidikan Guru SD Universitas Pattimura Ambon
  • Sarah Sahetapy
Keywords: Keterampilan Berbicara, Model Kooperatif Tipe Cooperative script

Abstract

Abstrak, keterampilan berbicara merupakan salah satu keterampilan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan proses belajar mengajar dikelas. Berdasarkan hasil obesrvasi awal pada siswa kelas IV SD Kristen Belso B1 Ambon pada tangal 06 februari 2020 terdapat permasalahan yang dihadapi yaitu sikap kurangnya percaya diri siswa dalam penyampaian pendapat yang mengkibatakan kurangnya keterampilan berbicara siswa dikelas. Oleh karena itu peneliti menggunakan salah satu model pembelajaran untuk mengatasi masalah keterampilan berbicara siswa yaitu model pemebelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Script. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Kristen Belso B1 Ambon yang berjumlah 20 orang siswa. Dari 20 orang siswa dilakukan tes awal peneliti menentukan 9 orang siswa sebagai subjek penelitian dengan rincian sesuai dengan prestasi belajar mereka yaitu 3 siswa dari kelompok tinggi, 3 siswa dari kelompok sedang, 3 siswa dari kelompok rendah. Penelitian ini terdiri dari dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, ada empat tahap pada penelitian ini yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pada siklus I pada penilitian ini mendapatkan hasil dengan nilai rata-rata penguasaan siswa sebesar 54,15 kategori kurang dari KKM diatas 75 dan dilanjutkan pada siklus II dengan mendapatkan nilai rata-rata sebesar 81,11 kategori baik atau mencapai KKM di atas 75.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta. (Instrumen Penelitian) Alit , Mihasa. 2002. Pembelajaran Kooperatif, Apa dan Bagaimana. Cirebon: SD Negeri 2 Bungkor Lor. (Online, Media Pembelajaran dikaitkan dengan Model Cooperative Script:2012) Depdikbud, 1998. Pedoman Umum Ejaan Yang di Sempurnakan dan Pedoman umum Pembentukan Istilah. Jakarta : Pusat Pembinaan Bahasa. Istarani. 2012.58. Model Pembelajaran Inovatif: Medan: Media Persada. Komaidi & Wijayati (2011:2) Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Peranada Media Group. Laksana (1982) Jurnal Bahasa dan Sastra Keterampilan Berbicara Cooperative Script. Maidar G. Arsjad dan Mukti, Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia, (Jakarta Erlangga 1991) Midar G, Asjad dan Mukti, Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia, (Jakarta : Erlangga, 1991), h. 36. Ochs & Winker, (1979:9) Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Model Cooperative Script. Fakultas Satra, Universitas Muslim Indonesia. Poerwanti, 2008 Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta : Direktorat jendral Pendidikan Tinggi Depertemen Pendidikan Nasional.
Resimin, (2016) Peningkatan kemampuan Berbicara siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode cooperative script di SD N 46 Kota Panjang Pandang. Universitas Bung Hatta. Slamet, St. Y. (2008). Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakatra : LPP UNS dan UNS Press Slamet, St. Y. 2007. Dasar-dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Di Sekolah Dasar. Surakatra : LPP Dan UNS Press. Suharsimi Arikuto. 2009. Penetilian tindakan Kelas Jakarta: Bumi Aksara. Tompkins, Gail E. & Hosskinsson, Keneth. (1995). Langgue Arts: Content And Teaching Stragies, New Jersey: Prentince Hall. Tarigan, H. G. (2015). Berbicara Sebagai suatu Keteampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa. Yunus Abidin, (2013). Pembeljaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter, Bandung : Refika Aditama.
Published
2021-05-15