PENGARUH PEMBELAJARAN MELALUI APLIKASI WHATSAPP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 70 AMBON
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh Peneliti untuk mencari informasi awal
terhadap proses pembelajaran siswa kelas IV. Dari hasil pengamatan pada saat observasi pada tanggal
20 maret 2020 yang berlokasi di SD Negeri 70 Ambon dalam proses pembelajaran yang seharusnya di
kelas mengalami perubahan. Dampak dari virus covid-19 ini adalah Negara memutuskan untuk
memutus mata rantai penyebaran Covid-19, kegiatan pembelajaran dilakukan secara online untuk
semua jenjang pendidikan. Kesiapan untuk belajar secara online yang diterapkan oleh pemerintah
nyaris tidak ada. Pembelajaran dengan menggunakan Aplikasi Whatssapp dipilih untuk proses
pembelajaran kelas IV SD Negeri 70 ambon, Perubahan yang terjadi pada pembelajaran ini pun akan
berdampak pada peserta didik. Penelitian ini mennggunakan metode eksperimen dengan bentuk
penelitian quasi experiment ( eksperimen semu) dengan menggunakan rancangan one group pretest
posttest design menurut Kadarisman dan Sartinah. Dari hasil uji normalitas menunjukan bahwa nilai
Asymp Sig. (2-tailed) Unstandardized Residual sebesar 0,200 lebih besar dari probabilitas 0,05, dan
dari hasil uji Homogenitas diperoleh nilai signifikansi lebih dari 0,05 yakni 0,886 > 0,05. Berdasarkan
hasil uji prasarat data diperoleh terdistribusi normal dan data berasal dari kelompok yang homogen
sehingga uji analisis menggunakan uji t-dependent. Dengan hasil belajar dari perhitungan
menggunakan uji t-test diperoleh nilai signifikansi 0,000, angka ini jauh dibawah nilai alpha yang
ditetapkan yaitu α=0,05.
Downloads
Copyright (c) 2021 Windri Wulandari Rohadi, Elsinora Mahananingtyas, Nathalia Yohana Johannes

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.