PENGARUH PEMBELAJARAN MELALUI APLIKASI WHATSAPP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 70 AMBON
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh Peneliti untuk mencari informasi awal
terhadap proses pembelajaran siswa kelas IV. Dari hasil pengamatan pada saat observasi pada tanggal
20 maret 2020 yang berlokasi di SD Negeri 70 Ambon dalam proses pembelajaran yang seharusnya di
kelas mengalami perubahan. Dampak dari virus covid-19 ini adalah Negara memutuskan untuk
memutus mata rantai penyebaran Covid-19, kegiatan pembelajaran dilakukan secara online untuk
semua jenjang pendidikan. Kesiapan untuk belajar secara online yang diterapkan oleh pemerintah
nyaris tidak ada. Pembelajaran dengan menggunakan Aplikasi Whatssapp dipilih untuk proses
pembelajaran kelas IV SD Negeri 70 ambon, Perubahan yang terjadi pada pembelajaran ini pun akan
berdampak pada peserta didik. Penelitian ini mennggunakan metode eksperimen dengan bentuk
penelitian quasi experiment ( eksperimen semu) dengan menggunakan rancangan one group pretest
posttest design menurut Kadarisman dan Sartinah. Dari hasil uji normalitas menunjukan bahwa nilai
Asymp Sig. (2-tailed) Unstandardized Residual sebesar 0,200 lebih besar dari probabilitas 0,05, dan
dari hasil uji Homogenitas diperoleh nilai signifikansi lebih dari 0,05 yakni 0,886 > 0,05. Berdasarkan
hasil uji prasarat data diperoleh terdistribusi normal dan data berasal dari kelompok yang homogen
sehingga uji analisis menggunakan uji t-dependent. Dengan hasil belajar dari perhitungan
menggunakan uji t-test diperoleh nilai signifikansi 0,000, angka ini jauh dibawah nilai alpha yang
ditetapkan yaitu α=0,05.
Downloads
References
Dosen Dan Mahasiswa Dalam Menunjang Kegiatan Belajar (Studi Terhadap
Mahasiswa Uin Imam Bonjol Padang). Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam Almunir. 11(1).76.
Anisa, T. (2015). Pengaruh Penggunaan E—Learning Berbasis Facebook Sebagai Media
Pembelajaran Ips Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Smp Negeri 10 Kota
Tangerang Selatan). Skripsi. Program studi Ekonomi. Universitas islam negeri syarif
hidayatullah. Jakarta.
Daheri, M., Juliana., Deriwanto., Amda, A, D. 2020. Efektifitas WhatsApp sebagai Media
Belajar Daring. Jurnal Basicedu. 4(4). 77.
Fapriyani, N. 2017. Pengembangan Media Popscrap Book Pada Muatan IPS Tema Indahnya
Kebersamaan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.
Skripsi. Program studi Pendidikan Guru Sekolah dasar Universitas Negeri Semarang.
Semarang.
Febriana, V. 2020. Pengaruh Media Pembelajaran (Magic Circle dan Crossword Puzzle)
Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas
VIII SMP N 02 Colomadu Karanganyar Tahun 2019-2020. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta. Surakarta.
Kadarisman, D.H., & Sartinah, E.P. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual terhadap
Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Tun adaksa Di SMPLB YPAC Surabaya. Jurnal
Pendidikan Khusus, (5-7).
Kamil, P, M., Nuryadin, E. 2019. Pengaruh Penggunaan Media WhatsApp (WA) Group
Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Gerak Pada Manusia.
Jurusan Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Siliwangi.
Nindy, C. P & Nurhayati (2017). Penerapan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis
Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal
Pendidikan Matematika Indonesia, Page 13-18.
Ningsih, M, F. 2015. Pengaruh Media Pembelajaran Augmented Reality Terhadap Hasil
Belajar Siswa Pada Konsep Gelombang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika
Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.
Pasalbessy, C., Johannes, N. Y., & Mahananingtyas, E. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran
Quizziz Terhadap Motivasi Belajar dan Karakter Mahasiswa Pgsd Universitas
Pattimura Ambon. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan,
10(2), 299-309.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit CV Alfabeta,
Bandung.
Widhiyasari, M., Umami, N., Suja’I, I, S. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Sosial
WhatsApp Terhadap Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis Kelas X
SMK Negeri 2 Boyolangu Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan
Ekonomi.12(2).96.
Copyright (c) 2021 Windri Wulandari Rohadi, Elsinora Mahananingtyas, Nathalia Yohana Johannes
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.