PENERAPAN MODEL EXAMPLES NON-EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN HEWAN DI KELAS V SD INPRES WALAKONE
Abstract
Abstrak, Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya efektifnya proses pembelajaran IPA di SD Inpres Walakone dan menyebabkan hasil belajarnya rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran yang dilakukan oleh guru IPA kurang bervariasi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan model Examples Non-Examples di kelas V SD Inpres Walakone. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Walakone. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data anatara lain tes, observasi, wawancara dan refleksi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi siswa mencapai 80% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal 65%. Hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 72,72% sedangkan pada tes akhir siklus II 88,63%.
Downloads
References
Apriani, dkk. (2010). Implementasi Model Pembelajaran Example Non Example.
Sumedang: IKIP PGRI
Arikunto, Suharsimi 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.
Asma, N. (2008). Model Pembelajaran Kooperatif. Padang: UNP
Hasbullah, 2008. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Jamil, Suprihatiningrum, 2002. Strategi Pembelajaran : Teori dan Aplikasi, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta:
Rineka Cipta
Sukmadinata. 2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning Theory dan Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menyimak Sebagai Keterampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Group.
Uno, Hamzah B. (2012). Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara.
Copyright (c) 2021 Krisna Amelia Manakutty, Johanes Pelamonia, Alcytha Pascallia Heumassy, Noky Rendy Kapelle
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.