PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 12 LEKSULA
Abstract
Abstrak, berdasarkan hasil observasi awal pada siswa kelas V SD Negeri 12 Leksula diperoleh suatu permasalahan yaitu kemampuan menulis karangan pada setiap siswa yang tidak sama. Oleh karena itu, maka dirancanglah sebuah perencanaan pembelajaran menggunaan pendekatan komunikatif. penelitian yang digunakan dalam penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan tipe Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Menggunakan desain Lewis. Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II pada siklus I terdapat siswa dengan predikat sangat baik sebanyak 2 orang siswa dengan tingkat presentase 18,8 % , 2 orang siswa yang mendapatkan predikat baik sebanyak dengan tingkat presentase 17,5 % dan sebanyak 3 orang siswa mendapatkan predikat cukup dengan presentase 20,33 % dan 2 orang siswa lainnya mendapatkan predikat kurang dengan presentase 10,22 %. Dan pada siklus II terdapat siswa dengan predikat tinggi sebanyak 9 orang siswa dengan tingkat presentase 82,22 % dan siswa dengan predikat rendah 0 dengan tingkat presentase 0 %.
Downloads
Copyright (c) 2021 Belinda Solissa, Sarah Sahetapy, Nulice Alerbitu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.