PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 12 LEKSULA

  • Belinda R Solissa Program Studi PGSD FKIP Universitas Pattimura
  • Sarah Sahetapy Program Studi PGSD FKIP Universitas Pattimura
  • Nulice Alerbitu Program Studi PGSD FKIP Universitas Pattimura
Keywords: Kemampuan Menulis, Karangan Deskripsi, Pendekatan Komunikatif

Abstract

Abstrak, berdasarkan hasil observasi awal pada siswa kelas V SD Negeri 12 Leksula diperoleh suatu permasalahan yaitu  kemampuan menulis karangan pada setiap siswa yang tidak sama. Oleh karena itu, maka dirancanglah sebuah perencanaan pembelajaran  menggunaan pendekatan komunikatif. penelitian yang digunakan dalam penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan tipe Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Menggunakan desain Lewis. Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II pada siklus I terdapat siswa dengan predikat sangat baik  sebanyak  2 orang siswa dengan tingkat presentase  18,8 %  , 2 orang siswa yang mendapatkan predikat  baik sebanyak   dengan tingkat presentase 17,5 %  dan sebanyak 3 orang siswa mendapatkan predikat cukup dengan presentase 20,33 %  dan 2 orang siswa lainnya mendapatkan predikat kurang dengan presentase 10,22 %. Dan pada siklus II terdapat siswa dengan predikat tinggi sebanyak 9 orang siswa dengan tingkat presentase  82,22 % dan siswa dengan predikat rendah 0 dengan tingkat presentase 0 %.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-05-16