Dari Teori ke Aksi: Eksperimen Kimia Sederhana untuk Siswa di SMA Negeri 5 Maluku Tengah

  • Shielda Natalia Joris Program Studi Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Pattimura
  • Mirella Fonda Maahury Program Studi Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Pattimura
  • Yusthinus Thobias Male Program Studi Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Pattimura
Keywords: Pengabdian masyarakat, Eksperimen sederhana, Pembelajaran kimia, Minat belajar

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan fasilitas laboratorium di SMA Negeri 5 Maluku Tengah yang membuat siswa jarang berinteraksi langsung dengan konsep kimia secara praktis. Padahal, minat belajar dan rasa ingin tahu ilmiah siswa akan tumbuh apabila mereka mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan dan aplikatif. Oleh karena itu, tim dosen Jurusan Kimia FMIPA Universitas Pattimura melaksanakan kegiatan berupa demonstrasi eksperimen kimia sederhana yang mudah dilakukan dengan bahan-bahan sekitar. Metode kegiatan mencakup perancangan eksperimen, penyusunan booklet pembelajaran, koordinasi dengan pihak sekolah, pelaksanaan demonstrasi, dan evaluasi respon siswa. Eksperimen yang ditampilkan meliputi indikator alami asam–basa, pesan rahasia dengan tinta lemon, dan lava lamp sederhana. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan antusiasme siswa, keterlibatan aktif dalam mencoba eksperimen, serta munculnya keberanian untuk bertanya dan berdiskusi. Luaran kegiatan berupa booklet, berita pada laman Jurusan Kimia, serta dokumentasi video pada kanal YouTube. Dengan demikian, kegiatan ini berhasil menjadi langkah awal dalam memotivasi siswa untuk lebih mencintai pembelajaran kimia serta memperkuat kerja sama universitas dengan sekolah mitra.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-10-13
How to Cite
Joris, S., Maahury, M. F., & Male, Y. T. (2025). Dari Teori ke Aksi: Eksperimen Kimia Sederhana untuk Siswa di SMA Negeri 5 Maluku Tengah. Innovation for Community Service Journal, 3(2), 28-33. https://doi.org/10.30598/icsj.v3i1.21674
Section
Articles