Pemanfaatan Avogadro untuk Pengenalan Molekul sederhana pada SMP Negeri 24 Maluku Tengah

  • Mirella Fonda Maahury Pattimura University
  • Fensia Analda Souhoka Universitas Pattimura
  • Jolantje Latupeirissa Universitas Pattimura
  • Sisca Madona Sapulet Universitas Pattimura
Keywords: Avogadro, air, molekul sederhana

Abstract

Kimia secara umum telah diperkenalkan pada tingkat menengah pertama, di dalam pokok bahasan materi (zat) dan perubahannya. Untuk materi dan perubahannya, hanya dibahas tentang perubahan fisika dan kimia. Belum adanya pengenalan zat tersebut dalam skala mikro (bentuk atom maupun molekul.) Oleh karena itu, diperlukan pengenalan bentuk atau model molekul dalam skala mikro yang biasanya dibahas di dalam mata pelajaran kimia. Pengenalan model molekul kepada siswa SMP ini bertujuan agar para siswa mengetahui bagaimana model molekul zat yang biasa ditemui di sekitar lingkungannya dilihat dari kacamata kimia. Selain mempersiapkan siswa SMP ini ke jenjang yang lebih tinggi, melalui pengabdian ini diberikan diharapkan pemahaman awal mengenai bentuk molekul digunakan software. Software atau perangkat lunak yang digunakan adalah Avogadro. Pada pengabdian ini, digunakan metode ceramah dan demonstrasi. Ceramah dilakukan dengan cara memberikan materi zat dan perubahannya serta bentuk molekul sederhana yang biasanya ditemui di lingkungan sekitar. Demonstrasi atau peragaan dilakukan dengan menunjukkan langkah-langkah mengunduh dan menginstal software, serta menggambar molekul dengan software Avogadro. Hasil yang diperoleh adalah para peserta (siswa-siswi SMP Negeri 24 Maluku Tengah) dapat memahami apa itu molekul dan model molekul serta dapat mengoperasikan software Avogadro untuk menggambar struktur molekul sederhana seperti air dan cuka.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-04-27
How to Cite
Maahury, M., Souhoka, F., Latupeirissa, J., & Sapulet, S. (2023). Pemanfaatan Avogadro untuk Pengenalan Molekul sederhana pada SMP Negeri 24 Maluku Tengah. Innovation for Community Service Journal, 1(1), 5-9. https://doi.org/10.30598/icsj.v1i1.8417
Section
Articles