OPTIMALISASI RUTE DISTRIBUSI UP3 PLN AMBON DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN TRAVELLING SALESMAN PROBLEM (TSP)

  • Fabio Juleon Sekewael Universitas Pattimura
  • Dian Pratiwi Sahar Universitas Pattimura
  • Mohammad Thezar Affifudin Universitas Pattimura
Keywords: Rute Distribusi, Travelling Salesman Problem, UP3 PLN Ambon

Abstract

Pendistribusian adalah proses untuk menyalurkan suatu barang / material dari produsen ke konsumen. Salah satu tujuan dilakukannya distribusi material adalah agar konsumen bisa mendapatkan material yang dibutuhkan dengan mudah. Berdasarkan hasil penelitian pada UP3 PLN Ambon, diketahui bahwa jarak distribusi pada UP3 PLN Ambon belum optimal. Hal ini dapat dilihat pada data rute distribusi UP3 PLN Ambon dimana jarak distribusi dari Gudang UP3 ke masing-masing unit layanan memiliki nilai yang sangat besar. Pada penelitian ini, penulis menerapkan metode Travelling Salesmen Problem (TSP) untuk membantu UP3 PLN Ambon dalam menentukan rute distribusi yang optimal. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengukur jarak distribusi dari Gudang UP3 ke 5 (lima) Unit Layanan Pelanggan (ULP) yang diteliti yaitu ULP Ambon Kota, ULP Nusaniwe, ULP Baguala, ULP Hitu dan ULP Tulehu dan menganalisis rute distribusi dengan menggunakan program LINGO. Berdasarkan hasil pengukuran jarak distribusi dengan menggunakan bantuan aplikasi Google Maps dan pengolahan data menggunakan Program LINGO, diketahui bahwa Program LINGO berhasil menghasilkan rute yang optimal bagi UP3 PLN Ambon dengan tingkat efisiensi sebesar 4,1% dari rute yang sebelumnya. Dengan demikian Program LINGO telah berhasil beradaptasi dengan sistem di dunia nyata dalam mengoptimalkan jarak rute distribusi material pada UP3 PLN Ambon. 

Kata Kunci: Rute, Distribusi, Travelling Salesmen Problem (TSP)

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus, M., Wolok, E., & Lahay, I. H. (2019). OPTIMASI RUTE DISTRIBUSI LPG 3 KG PT XYZ MENGGUNAKAN METODE NEAREST NEIGHBOUR & METODE BRANCH AND BOUND. In Seminar Nasional Teknologi.

Basuki, M. (2018). Penentuan Rute Optimum Distribusi Produk PT Indmira Berdasarkan Jarak. Jurnal Desiminasi Teknologi, Universitas Tridinanti, Palembang, 5(1).

Pailin, D. B dan Tupan, J. M (2018). Pemecahan Traveling Salesman Problem Menggunakan Teknik Branch and Bound dan Cheapest Insertion Heuristic (Studi Kasus: PT. Paris Jaya Mandiri–Ambon). Prosiding Seminar dan Konfrensi Nasional IDEC. 110-120. (Surakarta, 7-8 Mei 2018).

Hidayati, R., Guntoro, I., & Junianti, S. (2019). PENGGUNAAN METODE SIMULATED ANNEALING UNTUK PENYELESAIAN TRAVELLING SALESMAN PROBLEM (Vol. 4, Issue 2).

Moriza, D., Adiyanto, H., Nurdiansyah, T. (2018). Rute Pendistribusian Air Mineral Dalam Kemasan Menggunakan Metode Nearest Neighbour dan Branch And Bound di PT Agronesia BMC. Jurnal Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional. 4(2).

Published
2024-03-31
How to Cite
Sekewael, F., Sahar, D., & Affifudin, M. (2024). OPTIMALISASI RUTE DISTRIBUSI UP3 PLN AMBON DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN TRAVELLING SALESMAN PROBLEM (TSP). I Tabaos, 4(1), 59-68. https://doi.org/10.30598/i-tabaos.2024.4.1.59-68
Section
Articles