PENENTUAN SPESIFIKASI DESAIN WADAH PENAMPUNG NIRA DI DESA NAKU

  • Nevly Latuihamallo Teknik Industri, Universitas Pattimurra
  • Aminah Soleman Universitas Pattimura
  • Wilma Latuny Universitas Pattimura
Keywords: Spesifikasi, Wadah Penampung, Nira, Metode Rasional.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat penampung nira dengan kapasitas lebih besar, aman, higenis dan praktis sesuai dengan kebutuhan petani di Desa Naku. Penelitian ini menggunakan Metode Rasional, agar perancangan produk yang digunakan untuk memperluas pencarian pengambilan keputusan dalam mendapatkan kebutuhan konsumen terhadap sebuah produk. Hasil dari penelitian ini adalah harga wadah yang ekonomis, tahan lama dan kapasitas yang besar, bahan baku mudah didapatkan dan wadah mudah diproduksi, berbahan stainless dan dilapisi dengan cat anti karat, serta ukuran wadah penampung diperbesar. Aman bagi keselamatan dan kenyamanan petani. Selain itu, wadah higienis karena bersifat anti lumut dan perawatan wadah mudah diperhatikan, desain pipa dibuat agar mudah dilepaskan dan desain wadah dibuat mudah dirakit atau dilepaskan. Wadah juga dibuat praktis, yang mudah dipindahkan karena ringan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cross, N. (2021). Engineering Design Methods: Strategies for Product Design, fifth Edition, John Wiley & Sons, New York

Firmansyah, M. W. 1992. Mempelajari Pengaruh Penambahan Bahan Pengawet Terhadap Umur Simpan Nira Siwalan (Borassus flabellifer L). Serta Mutu Gula Semut dan Sirup yang Dihasilkan. Skripsi Penelitian. 102.

Helmina A. 2006. Nira Aren Sebagai Bahan Agrobisnis Bioethanol yang Menjanjikan. Reporter Trubus, Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawasi Utara.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga

Published
2024-06-17
How to Cite
Latuihamallo, N., Soleman, A., & Latuny, W. (2024). PENENTUAN SPESIFIKASI DESAIN WADAH PENAMPUNG NIRA DI DESA NAKU. I Tabaos, 4(2), 87-92. https://doi.org/10.30598/i-tabaos.2024.4.2.87-92
Section
Articles