PENINGKATAN KUALITAS PRODUK MINYAK NILAM DENGAN PENDEKATAN SIX-SIGMA

  • Gloria Margaret Metiary Mahasiswa
  • R. A. de FRETES Universitas Pattimura
  • Johan M. Tupan Universitas Pattimura
Keywords: Minyak nilam, Kualitas, six sigma, peta kontrol, kapabilitas proses, diagram sebab-akibat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas hasil produksi penyulingan minyak nilam mulai dari mengidentifikasi faktor-faktor penyebab rendahnya kualitas minyak nilam yang dihasilkan akibat proses penyulingan yang tidak optimal dan memberikan rekomendasi solusi untuk meningkatkan kualitas minyak nilam dengan menggunakan pendekatan six-sigma diharapkan hasil produksi minyak nilam dapat memenuhi standar kualitas yang tinggi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada tahap difine terdapat patchouli alcohol yang masih berada dibawah 30%, pada tahap measure Xbar chart mengalami penurunan dan melewati batas bawah control. Nilai kapabilitas proses yang didapat dari patchouli alcohol dengan nilai Cp 0,70 dan Cpk 0,56 Cpk nilai tersebut masih sangat rendah, DPMO yang diperoleh adalah 1,37 dan nilai sigma adalah 2,59, artinya perlu dilakukan tahap Analyze yaitu mencari sebab akibatnya. Penyebab rendahnya kualitas Patchouli alcohol adalah metode, lingkungan, material, faktor manusia, dan peralatan. Sehingga diperlukan tahap Improve yaitu memberikan solusi, dan tahap control untuk merekomendasikan usulan perbaikan. Dengan menggunakan metode six-sigma dapat mengetahui faktor penyebab rendahnya patchouli alcohol dan dapat merekomendasikan perbaikan usulan untuk membantu usaha Bunga Tani dalam meningkatkan kualitas minyak nilam mereka dan memenuhi spesifikasi yang ditetapkan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adani, S. I., & Pujiastuti, Y. A. (2018). Pengaruh Suhu dan Waktu Operasi pada Proses Destilasi untuk Pengolahan Aquades di Fakultas Teknik Universitas Mulawarman. Jurnal Chemurgy, 1(1), 31–35.

Gunawan, W. (2009). Kualitas dan nilai minyak atsiri, implikasi pada pengembangan turunannya. Makalah Disampaikan Pada Seminar Nasional Dengan Tema: Kimia Bervisi SETS (Science, Environment, Technology, Society) Kontribusi Bagi Kemajuan Pendidikan Dan Industri. Disampaikan Himpunan Kimia Indonesia Jawa Tengah, Pada Tanggal, 21.

SNI (Standar Nasional Indonesia): 06-2385-2006: Badan Standarisasi Nasional.

Suswono. 2012. “Pedoman Teknis Penanganan Pascapanen Nilam”. Lampiran Peraturan Menteri Pertanian. No.54 Permentan OT. 140/9/2012.

Zaimah, S. (2014). Pengujian Kualitas Dan Komposisi Kimia Minyak Nilam (Pogostemon cablin benth) Setelah Penyimpanan. Indonesian Journal of Chemical Research, 1–9.

Published
2023-10-31
How to Cite
Metiary, G., de FRETES, R., & Tupan, J. (2023). PENINGKATAN KUALITAS PRODUK MINYAK NILAM DENGAN PENDEKATAN SIX-SIGMA. I Tabaos, 3(3), 183-189. https://doi.org/10.30598/i-tabaos.2023.3.3.183-189
Section
Articles