PENGENDALIAN KUALITAS UNTUK MENGURANGI JUMLAH CACAT PRODUK DENGAN PENDEKATAN PETA KENDALI P SERTA USULAN PERBAIKAN ( STUDI KASUS DI PT. BARATA INDONESIA (PERSERO) )

  • Dendy Sumarsono UNTAG SURABAYA
  • Wiwin Widiasih Universitas 17 Agustus Surabaya
Keywords: Histogram, Peta kendali, Diagram Pareto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah penerapan sistem pengendalian kualitas produk pada PT Barata Indonesia (PERSERO) sudah terkendali atau belum terkendali, serta mencari tahu penyebab kerusakan produk pada PT Barata Indonesia (PERSERO) dan memberi usulan perbaikan. Pada penelitian kali ini, metode yang akan digunakan adalah membuat Histogram, peta kendali, Diagram Pareto dan diagram tulang ikan (Fishbone). Metode-metode tersebut digunakan untuk mengidentifikasi jenis kerusakan produk yang terjadi, serta mencari penyebab terjadinya kerusakan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pengendalian kualitas produk pada PT Barata Indonesia (PERSERO) masih ada yang belum terkendali, dengan rata-rata kerusakan produk sebesar  20% pada bulan Januari – April 2023 . Jenis kerusakan yang paling banyak terjadi adalah Srinkage dengan jumlah 460 dari total produk cacat pada bulan Januari – April 2023. Dari hasil observasi lapangan dan wawancara, faktor-faktor yang menjadi penyebab kerusakan ini adalah faktor manusia, peralatan, metode kerja bahan baku dan Lingkungan kerja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardana, M., & Widiasih, W. (2023). Pengendalian Kualitas Roll Karung Dengan Metode Spc dan PDCA Pada PK Rosella Baru Mojokerto. I Tabaos, 3(3), 190-200.

Ariani, Dorothea wahu. (2004). Pengendalian kualitas statistik (Pendekatan kuantitati dalam manajemen kualitas). Yogyakarta: Andi Offset.

Faiz, Al Fakhri. (2010). Analisis pengendalian kualitas produksi di PT. MASSCOM GRAPHY dalam upaya mengendalikan tingkat kerusakan produk menggunakan alat bantu statistik undergraduate [Thesis, Universitas Diponegoro Semarang]

Assauri, Sofjan. (2008). Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: LPFEUI.

Chrestella. (2009). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Sepatu Dan Sendal Dengan Metode SPC (Statistical Process Control) Pada PT. GRAMIDO. [Undergraduate thesis, BINUS]

Ebeling, C. E. (2008). An Introduction to Reliability and Maintainability Engineering. McGraw-Hill Education.

Feigenbaum, A. V. (1983). Kendali Mutu Terpadu. Edisi ke-3. Jakarta: Erlangga.

Hatani,La. (2007). Manajemen Pengendalian Mutu Produksi Roti Melalui Pendekatan Statistical Quality Control (SQC) (Studi Kasus Pada Perusahaan Roti Rizki Kendari). Jurnal Ekonomi dan Manajemen Unhalu.

Heryani, R. (2014). Kumpulan Undang – Undang dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Khusus Kesehatan. Jakarta: CV. Trans Info Media.

Hidayat, Syarif., (2016). Analisis Pengendalian Kualitas Produksi Pada Produk Oncom Dalam Upaya Mengurangi Tingkat Kecacatan Produk Menggunakan Alat Bantu Statistik [Skripsi, Universitas Dian Nuswantoro].

Lukmandani, A., Syafri, I., & Kurniati, N. (2011). Pengaruh Preventive Maintenance terhadap Efektivitas Produksi pada Mesin Pembengkok Kawat (Wire Bending Machine) di PT. X. Jurnal Teknik Industri, 13(1), 44-51.

Maretha, yogi. (2009). Analisa Pengendalian Kualitas Kaos West Boy di PT. CITRA FAUZA BUSANA [Skripsi, Universitas Mercu Buana].

Montgomery, Douglas C. (2001). Introduction to Statistical Quality Control. 4thEdition. New York : John Wiley & Sons, Inc.

Ordway Tead (1945) dalam Democratic Administration. New York: Published Literary Licensing, LLC (May 12, 2012)

Published
2024-03-01
How to Cite
Sumarsono, D., & Widiasih, W. (2024). PENGENDALIAN KUALITAS UNTUK MENGURANGI JUMLAH CACAT PRODUK DENGAN PENDEKATAN PETA KENDALI P SERTA USULAN PERBAIKAN ( STUDI KASUS DI PT. BARATA INDONESIA (PERSERO) ). I Tabaos, 4(1), 1-16. https://doi.org/10.30598/i-tabaos.2024.4.1.1-16
Section
Articles