PENILAIAN POSTUR KERJA PETANI PENDERES NIRA DESA NAKU PADA STASIUN KERJA PEMANENAN NIRA DENGAN METODE OVAKO WORK POSTURE ANALYSIS SYSTEM (OWAS)

  • Atika Suhartini Teknik industri universitas Pattimura
  • Wilma Latuny Universitas Pattimura
  • Aminah Soleman Universitas Pattimura
Keywords: Petani, Penderes Nira, Postur Kerja, Ovako Work Posture Analysis System.

Abstract

Kegiatan pemanenan nira oleh petani penderes nira Desa Naku tergolong berbahaya, ditinjau dari sisi keselamatan kerja (safety) resiko yang dihadapi adalah terjatuh dari pohon yang bisa berakibat cacat bahkan kematian resiko lain yang dihadapi adalah pekerja mengalami keluhan Musculoskeletal Disorders. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil analisis postur kerja petani penderes nira Desa Naku. Penelitian ini menggunakan metode Ovako Work Posture Analysis System (OWAS) untuk mengevaluasi postur kerja. Hasil dari penelitian ini adalah 2 dari 10 petani yaitu petani 2 dan petani 7 menghasilkan aksi kategori tidak perlu dilakukan perbaikan untuk ke3 postur, maka sikap-sikap kerja dari petani 2 dan 7 dapat menjadi rekomendasi sikap kerja yang baik untuk proses pemanenan nira, agar saat melakukan aktifitas pemanenan nira petani terhindar dari gangguan-gangguan musculoskeletal yang timbul akibat posisi atau sikap kerja yang tidak baik dan resiko-resiko kecelakaan kerja yang dapat berakibat fatal pada pekerja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

(Iea), I. E. (2002). International Ergonomic Association.

Astuti, R dan Suhardi, B. (2007). Analisis Postur Kerja Manual Material Handling Menggunakan Metode OWAS (Ovako Work Postur Analysis System). Jurnal Gema Teknik. 10(1): 67-75.

Karhu, E. (1981). Observing Working Posture In Industry: Example Of Owas Aplication. Applied Ergonomics.

Nusantara, H. A., dan Suharno, G. T. M. (2017). Development of Working Facility To Improve Work Postur At Fackaging Section In Organic Vegetable Industry, Journal Competitive & Sustairable Agribusiness.

Ruwana, I., Hutabarat, J., Septiari, R., Cahyono, S., & Ramadhani, A. (2019). ANALISIS STRETCHING UNTUK MENGATASI KELUHAN PADA TENAGA KERJA BERDASARKAN POSTUR KERJA DI KETINGGIAN. Seminar Nasional Perhimpunan Ergonomi Indonesia (PEI) 2019.

Wulandari, R.(2013). Perbedaan Tingkat Nyeri Punggung Bawah pada Pekerja Pembuat Teralis Sebelum dan Sesudah Pemberian Edukasi Peregangan di Kecamatan Cilacap Tengah Kabupaten Cilacap. Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, 2(1).

Published
2024-06-17
How to Cite
Suhartini, A., Latuny, W., & Soleman, A. (2024). PENILAIAN POSTUR KERJA PETANI PENDERES NIRA DESA NAKU PADA STASIUN KERJA PEMANENAN NIRA DENGAN METODE OVAKO WORK POSTURE ANALYSIS SYSTEM (OWAS). I Tabaos, 4(2), 76-86. https://doi.org/10.30598/i-tabaos.2024.4.2.76-86
Section
Articles