ANALISIS PERAMALAN PENJUALAN WINE PALA MENGGUNAKAN METODE TIME SERIES DI NEGERI LILIBOOI

  • Juan Felix Manuputty
  • Mentari Rasyid Universitas Pattimura
  • Hanok Mandaku Universitas Pattimura
Keywords: Wine Pala, Peramalan, Time Series, Trend Projection

Abstract

Wine pala merupakan minuman yang berasal dari hasil fermentasi buah pala yang melalui prosedur penyulingan. Cakupan penjualan wine pala umumnya berada pada area Maluku dan Maluku Tengah, namun seiringkali juga pemesanan datang dari Papua dan Jakarta. Usaha Wine Pala dikembangkan pada sebuah Desa Yang Bernama Negeri Lilibooi, dimana pada daerah ini banyak dihasilkan tanaman pala yang kemudian dikembangkan oleh masyarakatnya menjadi Wine berbahan dasar pala yang diberi nama Wine Pala Mr. Boy. Wine Pala Mr. Boy diproduksi setiap minggu dan menghasilkan rata-rata 20-30 botol. Pada tahun 2019 jumlah produksi wine pala meningkat menjadi 50 botol, tahun 2020 terjadi penambahan produk menjadi 150 botol hingga pada tahun 2023 jumlah produksi menjadi 300 botol per setiap proses penyulingan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meramalkan jumlah produksi wine pala pada tahun 2024 menggunakan metode time series, Metode Naive, Moving Average(SMA) dan (WMA), Exponetial Smooting, dan metode Trend Project. Hasil perhitungan peramalan  ke-empat metode menghasilkan   nilai error yang paling besar yaitu pada metode moving average dengan nilai  peramalan selanjutnya adalah 223,667 atau dibulatkan 224 botol sedangkan nilai eror yang paling kecil yaitu perhitungan menggunakan metode exponential smoothing didapatkan hasil peramalan selanjutnya  244 botol.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ishak Aulia., Pratiwi Ulan. (2020). Analisis Peramalan dengan Metode Time Series Pada Produk Hair Dryer. TALENTA Conference Series: Energy & Engineering. EE Conference Series 03. https://talentaconfseries.usu.ac.id/ee

Kusumawati Nita Anna., Ghofur Muhammad., Putri Anggraeni Mega., Alfatah Zaki Abdullah., Mu’adzah., (2021). Peramalan Permintaan Menggunakan Time Series Forecasting Model Untuk Merancang Resources Yang Dibutuhkan IKM Percetakan. Jurnal Terapan Teknik Industri. Volume 2, Nomor 2, November 2021, hlm 105-115. ISSN [print] 2722 3469 | ISSN [Online] 2722 4740

M. F. Canon., A. H. Jan., I.D. (2007) Palandeng .Analisis Manajemen Rantai Analisis Manajemen Rantai Pasok Wine Pala

Baroroh Ali. Analisis Multivariate dan Time Series Dengan SPSS 21. Jakarta : Gramedia, (2013 ) h.146

Hudaningsih, N., Utami, silvia virda, & Jabbar, wari ammar abdul. (2018). Perbandingan Double Moving Average Dengan Double Exponential Smoothing Pada Peramalan. Iv (2).

Hudaningsih, N., Utami, silvia virda, & Jabbar, wari ammar abdul. (2018). Perbandingan Double Moving Average Dengan Double Exponential Smoothing Pada Peramalan. Iv(2). Wibowo, I. (2010). Analisis Peramalan Penjualan Rokok Golden Pada Pt . Djitoe Indonesian Tobacco Coy Program Studi Diploma Iii Manajemen Industri.

Wijaya, D., & Irawan, R. (2018). Prosedur Administrasi Penjualan Bearing Pada Usaha Jaya Teknika Jakarta Barat. XVI(1).

Published
2024-03-31
How to Cite
Manuputty, J., Rasyid, M., & Mandaku, H. (2024). ANALISIS PERAMALAN PENJUALAN WINE PALA MENGGUNAKAN METODE TIME SERIES DI NEGERI LILIBOOI. I Tabaos, 4(1), 40-46. https://doi.org/10.30598/i-tabaos.2024.4.1.40-46
Section
Articles