ANALISIS PERHITUNGAN TARIF BURUH UNTUK KEGITAN STEVADORING MENGGUNAKAN METODE ACTIVITY BASED COSTING (ABC)

  • Henry Lois Timbu Universitas pattimura
  • Johan M. Tupan Universitas Pattimura
  • Aminah Soleman Universitas Pattimura
Keywords: Activity based costing, Upah buruh kegiatan stevadoring, Bongkar muat pelabuhan

Abstract

Proses bongkar muat di pelabuhan adalah langkah-langkah untuk mengeluarkan barang dari kapal ke pelabuhan dan sebaliknya, dari pelabuhan ke kapal. Dalam proses ini, upah memainkan peran penting dalam mendukung kinerja para buruh yang terlibat dalam bongkar muat. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan upah buruh untuk kegiatan stevadoring yang akurat menggunakan metode Activity Based Costing (ABC). Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi literature. Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan metode ABC dapat disimpulkan tarif upah pada jenis petikemas full 20 feet Rp.334.658,09, full 40 feet Rp.344.702,33, empty 20 feet Rp.26.106,40, empty 40 feet Rp. 239.655,31. Dari hasil di atas dapat diketahui perhitungan menggunakan metode Activity Based Costing lebih rendah dari perhitungan konvensional perusahaan. Hal ini berarti tarif upah buruh proses bongkar muat petikemas kegiatan Stevadoring mengalami Overcosted. 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Armstrong, G. and Kotler, P. (2009). Marketing an Introduction Ninth Edition. New Jersey: Pearson Education International.

Blocher, E. J. (2007). Cost Management: Manajemen Biaya Penekanan Strategis. Salemba Empat:Jakarta.

Desitama, F. S., Poniman, P., & Rustono, R. (2016). Analisis Perhitungan Metode Konvensional dan Metode ABC Dalam Menentukan Tarif Jasa Bongkar Muat Internasional Pada Terminal Peti Kemas PT Pelabuhan Indonesia III (PERSERO) SEMARANG. JOBS (Jurnal Of Business Studies), 1(1).

Rudianto. (2013). Akuntansi Manajemen Informasi untuk Pengambilan Keputusan Strategis. Jakarta: Erlangga.

Suyono, R.P., (2005). Pengangkutan intermodal ekspor impor melalui laut. Jakarta: PPM

Published
2024-06-17
How to Cite
Timbu, H., Tupan, J., & Soleman, A. (2024). ANALISIS PERHITUNGAN TARIF BURUH UNTUK KEGITAN STEVADORING MENGGUNAKAN METODE ACTIVITY BASED COSTING (ABC). I Tabaos, 4(2), 69-75. https://doi.org/10.30598/i-tabaos.2024.4.2.69-75
Section
Articles