OPTIMALISASI JARAK BRACKET UNTUK MENGURANGI AMPLITUDO GETARAN PADA TONGKANG PACIFIC 311 MELALUI SIMULASI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan jarak bracket yang optimal untuk meminimalkan amplitudo getaran, sehingga meningkatkan kekakuan dan kekuatan. Dimana hal ini adalah dua faktor penting dalam keandalan struktural. Objek penelitian ini adalah tongkang yang mengalami defleksi yang cukup besar. Kekakuan yang perlu ditingkatkan untuk mengurangi defleksi yang terjadi dilakukan dengan menganalisis letak bracket. Bracket digeser ke daerah kritis dengan tetap memperhatikan distribusi berat strukturnya. Penelitian menggunakan metode Non Destrucitive Evaluation (NDE) melalui program simulasi. Analisis terhadap modal dan response frequency digunakan untuk memperoleh nilai amplitudo. Nilai amplitudo digunakan untuk menganalisis kekakuan struktur. Bagian yang dianalisis adalah satu baris potongan tongkang yang terdiri dari 4 tangki. Jarak bracket diatur sehingga daerah kritis dapat dikurangi dengan menggunakan pola transmisibilitas getaran yang lebih merata. Daerah kritis berkurang kekakuan dan kekuatan struktur bertambah. Peningkatan kekakuan bertambah seiring dengan pengurangan nilai amplitudo akibat pergeseran bracket. Pada penelitian ini pergeseran bracket sejauh 150 mm mampu mengurangi nilai amplitudo hingga 53%.
Downloads
References
Abdullah, K., Sumardiono, S., & Soeroso, H. (2023). Strength Analysis of the Deck Crane Barge Using the Finite Element Method. EAI Endorsed Transactions on Energy Web, 10(42), e8. https://doi.org/10.4108/eai.11-10-2022.2326425
Antartika, M. P., Budianto, B., Ari, M., & Suastika, K. (2020). PERBANDINGAN HASIL ANALISIS METODE ELEMEN HINGGA BERBASIS SOFTWARE DENGAN SIMPLE SUPPORTED CALCULATION PADA KAPAL 50 PAX CRANE BARGE. Jurnal Ilmiah, 12(1), 45-52. https://doi.org/10.30871/JI.V12I1.1451
Chen, L., & Huang, H. (2020). Structural integrity analysis of marine platforms under dynamic loading conditions. Ocean Engineering, 220, 108512. doi:10.1016/j.oceaneng.2020.108512
Huo, F., Yang, D., & Zhao, Y. (2016). Vibration reduction design with hybrid structures and topology optimization. Polish Maritime Research, 23(s1), 10-19. https://doi.org/10.1515/pomr-2016-0040
Ilic, N., & Momčilović, N. (2023). On ultimate strength of an inland waterway barge. FME Transactions, 51(1), 90-97. https://doi.org/10.5937/fme2301090i
Kim, D. H., & Lee, C. S. (2018). Frequency response characteristics of ship hull structures in dynamic environments. Journal of Vibration and Control, 24(12), 2497-2510. doi:10.1177/1077546318773201
Lekatompessy, D. R. dan Zubaydi, A. (2019) The effect of joints model to the vibration characteristics of wood. IOP Conf. Ser.: Earth Environ. Sci. 339 012038 DOI 10.1088/1755-1315/339/1/012038
Lekatompessy, D. R. (2020). TINJAUAN PENGARUH PERUBAHAN DIMENSI PONDASI KAPAL IKAN TRADISIONAL TERHADAP NILAI AMPLITUDO GETARAN. ALE Proceeding, 3, 7-13. https://doi.org/10.30598/ale.3.2020.7-13
Lekatompessy, D. R. (2021). The effect analysis of the stiffness changes of a Traditional Fishing Boat Foundation on Vibration Amplitude. TEKNIK, 42(1), 71-78. https://doi.org/10.14710/teknik.v42i1.30978
Lekatompessy, D. R., Titiheru, C., Titirloloby, A., & Panjaitan, D. (2022). KARAKTERISTIK GETARAN PADA DINDING KAPAL PENUMPANG BERMATERIAL FIBER REINFORCED PLASTIC AKIBAT OPERASIONAL MESIN INDUK. ALE Proceeding, 5, 110-115. https://doi.org/10.30598/ale.5.2022.110-115
Lekatompessy D. R. (2023a). Local vibration reduction of machine support systems through transmissibility pattern analysis in resonant construction. AIP Conf. Proc. 23 January 2023; 2588 (1): 040012. https://doi.org/10.1063/5.0111908
Lekatompessy D. R. (2023b); Analysis of the effect of engine rotation on vibration amplitude in the engine room of aluminum ship. AIP Conf. Proc. 23 January 2023; 2588 (1): 040014. https://doi.org/10.1063/5.0111911
Lekatompessy D. R. (2023c); Analysis of rubber as reduction vibration material on FRP ship walls. AIP Conf. Proc. 23 January 2023; 2588 (1): 040007. https://doi.org/10.1063/5.0111899
Li, B., & Yang, H. (2020). Design of active vibration reduction system for intelligent ship mechanical equipment. In X. Bai & H. Zhou (Eds.), Advances in Water Resources, Environmental Protection, and Intelligent Systems (pp. 233-245).
Salazar-Domínguez, C.M.; Hernández-Hernández, J.; Rosas-Huerta, E.D.; Iturbe-Rosas, G.E.; Herrera-May, A.L. (2021) Structural Analysis of a Barge Midship Section Considering the Still Water and Wave Load Effects. J. Mar. Sci. Eng. , 9, 99. https://doi.org/10.3390/jmse9010099
Wang, J., & Li, C. (2022). Vibration Reduction of a Non-Linear Ship Model Using Positive Position Feedback Controllers. International Journal of Dynamics and Control, 10(4), 543-552. https://doi.org/10.1007/s40435-021-00817-3
Wardhana, W., Hadiwidodo, Y. S., & Siswanto, F. (2018). Strength Analysis and Sea-Fastening Design of Container Crane Structure for Heavy Lifting Sea Transportation. Applied Mechanics and Materials, 874, 147-152. https://doi.org/10.4028/WWW.SCIENTIFIC.NET/AMM.874.147
Xu, Y., & Zeng, W. (2021). Vibration characteristics of offshore wind turbine structures. Journal of Marine Science and Technology, 26(3), 567-578. doi:10.1007/s00773-021-00773-x
Zhao, Y., & Wu, H. (2018). Laminate component method for optimal design of hybrid structures for ship vibration reduction. Marine Structures, 62, 134-142.
Zhao, X., & Li, Y. (2019). Impact of bracket placement on the vibration modes of marine structures. Marine Structures, 65, 25-35. doi:10.1016/j.marstruc.2019.01.001
Copyright (c) 2024 Dimas Panjaitan, Debby R. Lekatompessy, Reico H. Siahainenia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal i-TABAOS menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan kepada Jurnal i-TABAOS, di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepemilikan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan publikasi awal pada jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca lebih lanjut tentang Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.