REDESIGN ALAT TANGKAP IKAN (BUBU) DENGAN MEMPERTIMBANGKAN VOICE OF CUSTOMER MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)

  • Erza Ferlianty Latumeten Program Studi Teknik Industri Universitas Pattimura
  • Marcy L. Pattiapon Program Studi Teknik Industri Universitas Pattimura
  • Alfredo Tutuhatunewa Program Studi Teknik Industri Universitas Pattimura
Keywords: Bubu, Desain produk, Quality Function Deployment

Abstract

Masyarakat Negeri Larike hidup di wilayah pesisir dan mayoritas berprofesi sebagai nelayan. Potensi laut yang begitu besar menjadi kekuatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Mayoritas penangkapan ikan bagi nelayan di Negeri Larike masih tradisional. Saat ini nelayan desa Larike menggunakan bubu yang berukuran 2 meter untuk penangkapan ikan dan biota laut lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan desain bubu ikan yang dapat menunjang kenyamanan bagi pengguna dan menambah ketahanan agar mendapatkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan bubu sebelumnya berdasarkan keinginan konsumen. Hasil penelitian ini yaitu mulai dari pembentukan Voice of Customer hasil dari pernyataan tersebut diinterpretasikan menjadi kebutuhan pengguna. Penentuan Costumer Needs kebutuhan pengguna ini didapatkan dari hasil voice of costumer yang telah dilakukan sebelumnya. Pembentukan Planning Matrix untuk nilai ItC didapatkan tiga atribut yang memiliki bobot lebih tinggi yaitu kemudahan dalam penggunaan, variasi volume yang dapat ditampung, dan tahan lama dengan nilai sebesar 4,5%. Untuk nilai CuSP variasi volume yang dapat ditampung sebesar 3,50%. Untuk nilai CoSP kemudahan dalam penggunaan sebesar 3,50%. Dari hasil penjambaran Peta Morfologi, maka redesain Alat Tangkap Ikan Bubu yang baik, menarik, dan tahan lama sehingga dapat memenuhi kepuasan dan keinginan nelayan untuk penangkapan ikan sesuai dengan fungsi dari alat tangkap tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayodhyoa & Diniah (1981). Metode Penangkapan Ikan. Yayasan Dewi Sri. Bogor.

Brandt, A. V. 1984. Fish Catching Methods of The World. Fishing News Books Ltd. Farnham Surrey, England.

Kotler & Amstrong. (2003). Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.

Pattiapon, Marcy (2011). Perancangan Strategi Pemasaran Produk Sepeda Motor Merk. Jurnal Arika, 5(1), 61-70. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/arika/article/view/486/450

Honda Dengan Menggunakan Metode SWOT Dan QFD.

Pemerintah Republik Indonesia. 2004. UU No. 31 Tahun 2004. Tentang Perikanan. Sekretariat Negara: Jakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Published
2024-10-31
How to Cite
Latumeten, E., Pattiapon, M. L., & Tutuhatunewa, A. (2024). REDESIGN ALAT TANGKAP IKAN (BUBU) DENGAN MEMPERTIMBANGKAN VOICE OF CUSTOMER MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD). I Tabaos, 4(3), 171-178. https://doi.org/10.30598/i-tabaos.2024.4.3.171-178
Section
Articles