IMPLEMENTASI SUPPORT VECTOR MACHINE DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN UNTUK MEMBELI PRODUK BAGEA

  • Theovani Leatemia Program Studi Teknik Industri Universitas Pattimura
  • Wilma Latuny Program Studi Teknik Industri Universitas Pattimura
  • Victor Lawalata Program Studi Teknik Industri Universitas Pattimura
Keywords: Preferensi Konsumen, Pembelian Bagea, Support Vector Machine

Abstract

Produk bagea merupakan salah satu industri mikro yang berkontribusi dalam peningkatan taraf hidup penduduk di Pulau Saparua. Sektor industri yang bergerak di bidang pangan ini mampu menghidupi banyak keluarga dengan tingkat pendapatan yang relatif tinggi. Peneliti ingin melakukan preferensi terhadap produk bagea berdasarkan atribut yaitu Merek, Kualitas, Kemasan, Fitur dan Desain untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan membeli atau tidak, serta menghitung tingkat akurasi menggunakan algoritma SVM berbantuan machine learning WEKA pada dataset penilaian responden berdasarkan atribut. Hasil akhir penelitian ini, tingkat akurasi keputusan membeli bagea diperoleh dengan menggunakan uji persentase split 50% dengan variabel yang mempengaruhi keputusan membeli yaitu merek, kualitas, dan fitur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Armstrong, G. (2009). Principles of Marketing (12th ed.). Pearson Education.

Setiadi, N. (2003). Perilaku Konsumen: Konsep Terori, dan Aplikasi. Penerbit Salemba Empat.

Siagian. (2011). Penerapan Support Vector Machine (SVM). Jakarta: Bumi Aksara.

Simamora, B. (2013). Preferensi Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 10(1) , 23-30

Sundari, R. S., & Umbara, S. D. (2023). Preferensi Konsumen Terhadap Produk Agroindustri Abon Ikan. Jurnal Mebis, 4(1), 36–43. https://doi.org/10.33005/mebis.v4i1.51

Published
2025-06-30
How to Cite
Leatemia, T., Latuny, W., & Lawalata, V. (2025). IMPLEMENTASI SUPPORT VECTOR MACHINE DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN UNTUK MEMBELI PRODUK BAGEA. I Tabaos, 5(2), 61-69. https://doi.org/10.30598/i-tabaos.2025.5.2.61-69
Section
Articles