KAJIAN PENILAIAN KINERJA PIMPINAN PERUSAHAAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KRITERIA MALCOLM BALDRIGE
STUDI KASUS: PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA WITEL MALUKU
Abstract
Penilaian kinerja yang efektif merupakan kunci untuk memastikan kelangsungan dan kesuksesan bisnis, terutama di industri telekomunikasi yang sangat kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja PT. Telekomunikasi Indonesia Witel Maluku menggunakan pendekatan kriteria Malcolm Baldrige. Metode ini dipilih karena mencakup seluruh aspek kinerja perusahaan dan tidak hanya berfokus pada hasil keuangan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang diisi oleh para kepala manajerial tiap bidang di PT. Telekomunikasi Indonesia Witel Maluku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Telekomunikasi Indonesia Witel Maluku berada pada level World Class Leader dengan kategori Excellent. Kesimpulan ini didasarkan pada jumlah persentase bobot yang tinggi di berbagai aspek kinerja seperti kepemimpinan, perencanaan strategi, fokus pada pasar dan pelanggan, serta manajemen pengetahuan. Rekomendasi yang diberikan termasuk peningkatan program pelatihan tenaga kerja dan adopsi teknologi analitik untuk pengelolaan anggaran yang lebih efektif. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi perusahaan telekomunikasi lainnya dalam meningkatkan kinerja mereka melalui metode penilaian yang komprehensif dan terstruktur.
Downloads
References
Aguinis, Herman. (2014). Performance Management. Pearson.
Amini, A. (2023). Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Pendekatan Malcolm Baldrige Criteria For Performance Excellence (Studi Kasus: Umkm Fox And Bunny).
Camerling, B. J. (2018). Pengukuran Kinerja Pt. Pln (Persero) Wilayah Maluku Dan Maluku Utara Menggunakan Malcolm Baldrige. Agustus, 12(2).
Elisabeth, D. M. (2018). Kelebihan Dan Kekurangan Bsc. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Methodist, 1, 96–107.
Heksarini, A. (2022). Konsep Penilaian Kinerja (S. Catur, Ed.). Halaman Moeka Publishing.
Lestari, A. D. (2017). Analisis Pengelolaan Klaim Pasien Bpjs Dengan Menggunakan Pendekatan Malcolm Baldrige Di Unit Rekam Medis Rsupn Dr. Cipto Mangunkusumo. Jurnal Kesehatan Masyarakat Ui.
Lukito, R., & Suprayitno, G. (2023). Penilaian Kinerja Menggunakan Pendekatan Kriteria Malcolm Baldrige: Studi Kasus Dealer Otomotif (Vol. 6, Issue 1).
Nist. (2019, November 15). Baldrige Performance Excellence Program: How Baldrige Works. U.S. Departement Of Commerce.
Nist. (2023, September 12). Baldrige Criteria For Performance Excellence® Categories And Items. U.S Departemen Of Commerce. Https://Www.Nist.Gov/Baldrige/Baldrige-Criteria-Commentary
Pranata, C. (2012). Pengukuran Kinerja Menggunakan Model Malcolm Baldrige Criteria For Performance Excellence Di PT Varyatama Graha Indah, Surabaya. Fakultas Teknik Ubaya.
Rumawas, W. (2021). Manajemen Kinerja.
Ruth Silaen, N., Chairunnisah, R., Rizki Sari Elida Mahriani, M., Tanjung, R., Triwardhani, D., Haerany Anis Masyruroh, A., Gede Satriawan, D., Sri Lestari Opan Arifudin, A., Rialmi, Z., & Putra, S. (2021). Kinerja Karyawan. Www.Penerbitwidina.Com
Susanto, E. (2017). Analisis Pendekatan Malcolm Baldrige Criteria For Performance Excellence (Mbcfpe) Terhadap Kinerja Di Pt. Kinenta Indonesia. Jurnal Sistem Teknik Industri, 19(1).
Utami, G. M. (2022). Analisis Pengukuran Kinerja Dengan Penerapan Balanced Scorecard Pada Pt. Telkom Indonesia Tbk Pusat.
Copyright (c) 2025 Umi Kalsum Patty, Nil E. Maitimu, Billy J. Camerling

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal i-TABAOS menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan kepada Jurnal i-TABAOS, di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepemilikan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan publikasi awal pada jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca lebih lanjut tentang Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.

