EFISIENSI E-COMMERCE ENABLER MENGGUNAKAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA)

  • Nurul Cantika Prameswari Habir Program Studi Teknik Industri Universitas Pattimura
  • Johan M. Tupan Program Studi Teknik Industri Universitas Pattimura
  • Victor O. Lawalata Program Studi Teknik Industri Universitas Pattimura
Keywords: E-commerce Enabler, Data Envelopment Analysis, Efisiensi Relatif

Abstract

PT.XYZ merupakan perusahaan yang bergerak dalam penyediaan solusi e-commerce enabler sejak tahun 2021 dan memegang peran krusial dalam membantu pelaku bisnis menjalankan operasional toko online mereka. Namun para pelanggan PT.XYZ memiliki cancelation rate yang cukup tinggi akibat kurangnya efisiensi dalam proses bisnis mereka. Sehingga penulisan ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis tingkat efisiensi pada setiap pelanggan e-commerce enabler PT. XYZ. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Data envelopment analysis (DEA). DEA merupakan metode yang mampu mengukur efisiensi relatif dari suatu unit usaha atau operasional dengan mempertimbangkan multiple input dan output. Dilakukan analisis pada 10 pelanggan e-commerce enabler PT.XYZ dengan menggunakan 2 faktor input dan 5 faktor output. Didapatkan hasil tingkat efisiensi pelanggan e-commerce enabler PT.XYZ telah mencapai tingkat 1 atau 100%, yang berarti semua 10 pelanggan telah menggunakan input secara optimal untuk menghasilkan output. Namun terdapat ruang perbaikan pada faktor input X1 dengan menurunkan 700 buah rata-rata inbound pada pelanggan B. Selain itu, berdasarkan analisis sensitivitas, nilai efisiensi juga sangat dipengaruhi oleh factor input yaitu rata-rata inbound dan average order value

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, H., R, S. H., & Syamil, A. (2021). Peningkatan Kinerja Operations Pada Perusahaan E-commerce Enabler Indonesia PT XYZ. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3).

Cahyono, G. (2018). Kewirausahaan dan Inovasi dalam E-commerce.

Chaffey, D. (2019). DIGITAL BUSINESS AND E-COMMERCE MANAGEMENT.

Ishak, R. F., & Somadi. (2019). ANALISIS EFISIENSI INDUSTRI KREATIF UNGGULAN KOTA BANDUNG DENGAN PENDEKATAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS. COMPETITIVE, 14(1).

Marta, S. (2011). Analisis Efisiensi Industri Gula Di Indonesia Dengan Metode Data envelopment analysis (Dea) Tahun 2001-2010.

Muhammad, & Ihsan, N. (2014). IMPLEMENTASI DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) UNTUK MENGUKUR EFISIENSI INDUSTRI TAHU D I KABUPATEN SUMEDANG.

Nasher, A. (2009). ANALISIS EFISIENSI ORGANISASI PENGELOLA ZAKAT NASIONAL DENGAN PENDEKATAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (Vol. 4, Issue 2).

Rusydiana, A., & Hasib, F. F. (2020). SUPER EFISIENSI DAN ANALISIS SENSITIVITAS DEA: APLIKASI PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA. Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 4(1).

Sanjaya, D., & Budi, S. (2020). Prediksi Pencapaian Target Kerja Menggunakan Metode Deep Learning dan Data envelopment analysis. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 6(2).

Published
2025-06-30
How to Cite
Habir, N. C. P., Tupan, J. M., & Lawalata, V. O. (2025). EFISIENSI E-COMMERCE ENABLER MENGGUNAKAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA). I Tabaos, 5(2), 85-95. https://doi.org/10.30598/i-tabaos.2025.5.2.85-95
Section
Articles