PENGELOLAAN RISIKO RANTAI PASOK IKAN DI TENGAH PANDEMIC COVID-19 MENGGUNAKAN METODE HOUSE OF RISK

  • Charla Solisa Universitas Pattimura
  • Daniel B. Paillin Universitas Pattimura
  • Johan M. Tupan Universitas Pattimura
Keywords: Risiko rantai pasok, House of risk, Aggregate Risk Potential, Strategi Mitigasi

Abstract

Risiko merupakan faktor-faktor yang menghambat operasional pada rantai pasok makanan yang tidak dapat dihindari tetapi dapat diminimalisir dengan melakukan penanganan risiko yang tepat. Penanganan risiko dalam rantai pasok sangat diperlukan agar dapat meminimalkan biaya, waktu, dan kinerja dalam aktifitas rantai pasok. Kajian ini bertujuan untuk memitigasi risiko aktivitas rantai pasok pada produk tuna selama masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode House of Risk dengan mengidentifikasi setiap aktivitas proses bisnis berdasarkan model Supply Chain Operation Reference. House of Risk menawarkan kerangka kerja untuk mengendalikan risiko secara efektif dalam mengelola risiko dari agen risiko. Aggregate Potential Risk  digunakan untuk menentukan prioritas sumber risiko yang perlu dilakukan dalam merancang strategi mitigasi. Hasil penelitian mengidentifikasi 31 kejadian risiko dan 46 agen risiko. House of Risk fase I menunjukkan bahwa 10 Risk Agent akan diprioritaskan untuk ditangani berdasarkan nilai Aggregate Risk PotentiaL tertinggi, yang selanjutnya mengusulkan 15 kemungkinan strategi mitigasi. Berdasarkan nilai Efektifitas terhadap Kesulitan  dari House of Risk  fase II, diambil 12 langkah strategi mitigasi dari 15 usulan strategi yang akan digunakan untuk mencegah penyebab risiko.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anityasari, M. dan Wessiani, N, A., (2011). Analisis Kelayakan Usaha. Surabaya: Guna Widya

Djohanputro, B., (2008) Corporate Risks Management, Penerbit PPM, Jakarta.

Field Manager SKPT Morotai, “Dampak COVID 19 terhadap Perikanan (Tuna) di SKPT Kabupaten Pulau Morotai Provinsi Maluku Utara,” 2020. https://kkp.go.id/SKPT/Morotai/artikel/19012-dampak-covid-19-terhadap-perikanan-tuna-di-skpt-kabupaten-pulau-morotai-provinsi-maluku-utara

Parenreng, S. M. (2016). Model Pengelolaan Risiko Supply Chain Memertimbangkan Kepentingan Multistakeholder Pada Komoditas Tuna, Disertasi: Institut Terknologi Sepuluh Nopember.

Svensson, G. (2000). A conseptual framework for the analysis of vulnerability in supply chains. The International Journal of Physical Distribution & Logistic Management, 30(9), 731-749.

Vaughan, E. & Vaughan, T. (2008). Fundamentals or Risk and Insurance. S.I.: John Wiley & Sons, Inc.

Waters, D. (2007). Supply Chain Risk Management: Vulnerability and Resilience in Logistic. London: Kogan Page

Published
2022-05-26
How to Cite
Solisa, C., Paillin, D., & Tupan, J. (2022). PENGELOLAAN RISIKO RANTAI PASOK IKAN DI TENGAH PANDEMIC COVID-19 MENGGUNAKAN METODE HOUSE OF RISK. I Tabaos, 2(1), 1-11. https://doi.org/10.30598/i-tabaos.2022.2.1.1-11
Section
Articles