PENENTUAN UTILITAS LEVEL DAN NILAI KEPENTINGAN ATRIBUT KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MEMBELI MOBIL DI KOTA AMBON MENGGUNAKAN METODE ANALISIS KONJOIN
Abstract
Berdasarkan identivikasi oleh peneliti diperoleh bahwa data penjualan tahun 2019 untuk dealer daihatsu 328 unit mobil sedangkan toyota 368 unit mobil. Tahun 2020 terhitung dari bulan Januari sampai september diperoleh data penjualan dealer daihatsu sebesar 103 unit mobil, penjualan dealer mobil toyota 230 unit mobil. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh kombinasi karakteristik kepentingan atribut produk mobil yang paling diminati konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penilitian survey dimana peneliti melakukan penyebaran kuesioner untuk mendapatkan atribut konsumen, dan penilaian konsumen terhadap stimuli. Pengujian data yang digunakan diantaranya uji validitas, uji reliabilitas kemudian untuk analisis data menggunakan analisis konjoin. Hasil penelitian menunjukan bahwa kombinasi karakteristik tingkat kepentingan produk mobil yang paling diminati konsumen yaitu harga (25,418), warna (22,531), kecepatan maksimum (18,375), merek (12,874), jenis bahan bakar (6,817), garansi (6,352), dan sistem pembelian (4,966).
Downloads
References
Apriyani. 2013. Pengaruh Brand Image, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pizza Hut Di Kota Padang. Jurnal Manajemen. Volume 2, Nomor 1.
Hair et al. Multivariate With Reading. Fourth Edition. Prentice-Hall International: Englewood Cliffs. New Jersey, (1995).
Indarto (2011). Analisis Preferensi Terhadap Bundling Kartu GSM Dengan Smartphone. Universitas Indonesia: Thesis.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Copyright (c) 2022 Abdul Samat Rumakey, Victor O. Lawalata, Wilma Latuny
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal i-TABAOS menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan kepada Jurnal i-TABAOS, di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepemilikan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan publikasi awal pada jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca lebih lanjut tentang Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.