PENENTUAN UTILITAS LEVEL DAN NILAI KEPENTINGAN ATRIBUT KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MEMBELI MOBIL DI KOTA AMBON MENGGUNAKAN METODE ANALISIS KONJOIN

  • Abdul Samat Rumakey Universitas Pattimura Ambon
  • Victor O. Lawalata Universitas Pattimura
  • Wilma Latuny Universitas Pattimura
Keywords: Kepentingan Atribut, Utility, Importance value, Correlation

Abstract

Berdasarkan identivikasi oleh peneliti diperoleh bahwa data penjualan tahun 2019 untuk dealer daihatsu 328 unit mobil sedangkan toyota 368 unit mobil. Tahun 2020 terhitung dari bulan Januari sampai september diperoleh data penjualan dealer daihatsu sebesar 103 unit mobil, penjualan dealer mobil toyota 230 unit mobil. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh kombinasi karakteristik kepentingan atribut produk mobil yang paling diminati konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penilitian survey dimana peneliti melakukan penyebaran kuesioner untuk mendapatkan atribut konsumen, dan penilaian konsumen terhadap stimuli. Pengujian data yang digunakan diantaranya uji validitas, uji reliabilitas kemudian untuk analisis data menggunakan analisis konjoin. Hasil penelitian menunjukan bahwa kombinasi karakteristik tingkat kepentingan produk mobil yang paling diminati konsumen yaitu harga (25,418), warna (22,531), kecepatan maksimum (18,375), merek (12,874), jenis bahan bakar (6,817), garansi (6,352), dan sistem pembelian (4,966).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriyani. 2013. Pengaruh Brand Image, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pizza Hut Di Kota Padang. Jurnal Manajemen. Volume 2, Nomor 1.

Hair et al. Multivariate With Reading. Fourth Edition. Prentice-Hall International: Englewood Cliffs. New Jersey, (1995).

Indarto (2011). Analisis Preferensi Terhadap Bundling Kartu GSM Dengan Smartphone. Universitas Indonesia: Thesis.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Published
2022-06-30
How to Cite
Rumakey, A., Lawalata, V., & Latuny, W. (2022). PENENTUAN UTILITAS LEVEL DAN NILAI KEPENTINGAN ATRIBUT KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MEMBELI MOBIL DI KOTA AMBON MENGGUNAKAN METODE ANALISIS KONJOIN. I Tabaos, 2(2), 107-113. https://doi.org/10.30598/i-tabaos.2022.2.2.107-113
Section
Articles