PENGENDALIAN PERSEDIAAN IKAN TUNA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY

  • Andrew Novanto Lalihatu Universitas Pattimura
  • Billy J. Camerling Universitas Pattimura
  • Wilma Latuny Universitas Pattimura
Keywords: Economic Order Quantity, Pengendalian persediaan, Tuna

Abstract

PT. Maluku Prima Makmur merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri pengolahan berbahan baku baku ikan tuna. Produk yang dihasilkan di antaranya fresh product, seperti yellowfin tuna fresh dan fresh product, seperti sailfish frozen. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti terhadap pihak PT. Maluku Prima Makmur, ditemukan bahwa PT. Maluku Prima Makmur seringkali mengalami permintaan ikan tuna melebihi persediaan, yang disebabkan oleh belum adanya perencanaan dan penjadwalan persediaan ikan tuna yang baik. Berdasarkan masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persediaan ikan tuna pada PT. Maluku Prima Makmur. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara terstruktur untuk memperoleh data-data yang relevan. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ). Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penerapan metode EOQ, perusahaan dapat menghemat total biaya persediaan untuk tahun 2021 hingga 33% atau sebesar Rp43.416.000,00 dengan kuantitas pesan optimal sebanyak 5.880 kg per pemesanan dan total frekuensi pemesanan sebanyak 94 kali dalam satu periode. Selain itu, melalui penghitungan, diperoleh jumlah safety stock dan reorder point sebanyak 2.378 kg dan 2.716 kg per bulan yang dapat menjadi acuan bagi perusahaan untuk segera memesan kembali. Berdasarkan hasil tersebut, maka perusahaan dapat mempertimbangkan penggunaan metode EOQ dalam pengendalian persediaan bahan ikan tuna guna mengoptimalkan biaya persediaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

PT. Maluku Prima Makmur. (2021). About Us: PT Maluku Prima Makmur. Retrieved from PT. MPM Seafood: mpmseafood.com

Assauri, S. (2004). Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: CP – FEUI.

Badan Pusat Statistik. (2020). Nilai Produksi Perikanan Tangkap di Laut Menurut Komoditas Utama (Ribu Rupiah), 2017-2019. Retrieved from Badan Pusat Statistik: bps.go.id/indicator/56/1516/1/nilai-produksi-perikanan-tangkap-di-laut-menurut-komoditas-utama.html

Bawole, D., & Apituley, Y. M. T. N. (2011). Maluku Sebagai Lumbung Ikan Nasional: Tinjauan atas Suatu Kebijakan. In Prosiding Seminar Nasional: Pengembangan Pulau-Pulau Kecil, 239-246.

Chase, R. B. dan Aquilano, N. J. (1997). Production and Operations Management: Manufacturing Services. Edisi Ketujuh. USA: Irwin Inc.

Ginting, R. (2007). Sistem Produksi. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Heizer, J. dan Render, B. (2010). Manajemen Operasi. Edisi Kesembilan. Jakarta: Salemba Empat.

Kansil, G.M., Jan, A.H. and Pondaag, J.P. (2019). Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Ikan Menggunakan Metode Economic Order Quantity (EOQ) pada Restoran D’fish Mega Mas Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(4).

Notoatmodjo, S. (2002), Metodologi Penelitian Kesehatan, Rineka Cipta, Jakarta.

Lintang, C.J., Labaro, I.L., & Telleng, A.T. (2012). Kajian Musim Penangkapan Ikan Tuna dengan Alat Tangkap Hand Line di Laut Maluku. Jurnal Ilmu dan Teknologi Perikanan Tangkap, 1(1), 6-9.

Palyama, A. F., & Dharmayanti, N. (2021). Identifikasi Produktivitas Pengolahan Tuna Beku pada PT. Maluku Prima Makmur di Kota Ambon. Jurnal Penyuluhan Perikanan dan Kelautan, 15(1), 1-17.

Prawirosentono, Suyadi. (2001). Manajemen Operasi: Analisis dan Studi Kasus. Edisi Ketiga. Jakarta: Bumi Aksara.

Published
2022-02-28
How to Cite
Lalihatu, A., Camerling, B., & Latuny, W. (2022). PENGENDALIAN PERSEDIAAN IKAN TUNA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY. I Tabaos, 2(1), 61-72. https://doi.org/10.30598/i-tabaos.2022.2.1.61-72
Section
Articles