ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PENGIRIMAN BARANG MELALUI PENERAPAN METODE STATISTICAL QUALITY CONTROL PADA PT POS INDONESIA CABANG AMBON

  • Emilyo Charlos Tuahatu Universitas Pattimura
  • Alfredo Tutuhatunewa Universitas Pattimura
  • Johan M. Tupan Universitas Pattimura
Keywords: Pengiriman barang, Pengendalian Kualitas, Statistical Quality Control

Abstract

PT Pos Indonesia (PERSERO) adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa pos dan banyak diminati oleh masyarakat. Kehadiran PT Pos Indonesia, secara khusus di kota Ambon memudahkan masyarakat dalam mengirimkan surat maupun barang kapan pun dan ke mana pun. Bagian ekspedisi (antaran) merupakan bagian terakhir dalam proses pengiriman barang, yang harus mendapatkan perhatian yang khusus untuk mengatasi ketidakcapaian target standar waktu penyerahan (SWP). Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis masalah kegagalan pengiriman barang pada PT Pos Indonesia cabang Ambon, dan menganalisis faktor-faktor penyebabnya. Metode yang dipakai adalah Statistical Quality Control. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat tiga jenis kegagalan dalam proses pengiriman barang pada PT Pos Indonesia Cabang Ambon yaitu keterlambatan pengantaran sebesar 53,2%, pengantaran ulang sebesar 30,8% dan salah alamat sebesar 16,0%. Dalam perhitungan dengan peta kendali yang menyatakan bahwa kegagalan pengiriman yang terjadi masih berada dalam batas kontrol. Terdapat tiga faktor signifikan yang menyebabkan terjadinya kegagalan dalam pengiriman barang yaitu yaitu faktor manusia, faktor mesin dan faktor lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Assauri, S. (2008). Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi Revisi, Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Besterfield, D. (2009). Quality Control. 8th Ed. NY: Prentice-Hall, Inc.

Chandra, H. T. (2016). Analisis Pengendalian Kualitas Dan Usulan Perbaikan Pada Proses Edging Di Pt Rackindo Setara Perkasa Dengan Metode Six Sigma. JIEMS Journal of Industrial Engineering & Management Systems Vol. 9, No 2, August 2016, 9, 123-139.

Gaspersz, Vincent. 2005. Total Quality Management.Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Heizer, J. dan Render, B. (2009). Manajemen Operasi. ed.9, Penerbit Salemba .

Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga.

Lukas dan Safitri. 2018. Rancang Bangun Sistem Informasi Jasa Pengiriman Kargo Berbasis Desktop Studi Kasus: PT Cahaya Multitran Abadi. Jurnal IDEALIS Vol.1

Nasution, M. (2005). Manajemen Mutu Terpadu. ed.2, Penerbit Ghalia Indonesia.

Pattiruhu, A., Tupan, J., & Tutuhatunewa, A. (2020). Analisis Karakteristik Karbon Residu dan Kandungan Sulfur Produk Minyak Biosolar Dengan Pendekatan Six Sigma. ARIKA, 14(2), 111-120. https://doi.org/10.30598/arika.2020.14.2.111

Prasetya, H. & Lukiastuti (2011). Manajemen Operasi. Penerbit CAPS.

Prawirosentono, S. (2009). Manajemen Operasi. cetakan ke-2, Penerbit Bumi Aksara.

Ramadhan, Y. H. (2015). Analisis Pengendalian Kualitas Jasa Pengiriman Dengan Menggunakan Metode Statistical Quality Contro (Studi Kasus Pada Kantor Pos Mpc Bandung).

Sofiana, A. & Sanggala, E. (2021). Meminimalisirkan Gagal Antar di Kantor Pos Mojokerto dengan Metode DMAIC. Jurnal Media Teknik dan Sistem Industri, 5(1),, 1-8.

Syahu, S. (2006). Kamus Manajemen Mutu. Penerbit Gramedia Pustaka Utama.

Published
2022-05-26
How to Cite
Tuahatu, E., Tutuhatunewa, A., & Tupan, J. (2022). ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PENGIRIMAN BARANG MELALUI PENERAPAN METODE STATISTICAL QUALITY CONTROL PADA PT POS INDONESIA CABANG AMBON. I Tabaos, 2(1), 12-22. https://doi.org/10.30598/i-tabaos.2022.2.1.12-22
Section
Articles