APLIKASI METODE STRUCTURAL EQUATION MODELING DALAM MENGANALISIS VARIABEL-VARIABEL YANG MEMENGARUHI LOYALITAS PELANGGAN PRODUK KEBAB TURKI

  • Halim Salamun Universitas Pattimura
  • Marcus Tukan Universitas Pattimura
  • Alfredo Tutuhatunewa Universitas Pattimura
Keywords: Structural Equation Modeling, kualitas layanan, citra, kepuasan pelanggan

Abstract

Istanbul Kebab Turki adalah salah satu bentuk usaha franchise atau waralaba yang bergerak di bidang makanan siap saji (fast food) dengan kebab sebagai produk utamanya. Di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat, tercatat bahwa omset penjualan kebab turki pada outlet Wailela bergerak fluktuatif cenderung menurun setiap bulannya dalam periode penjualan bulan Desember 2020 - Agustus 2021. Kondisi tersebut membuat perusahaan dituntut untuk menentukan strategi yang tepat guna mempertahankan loyalitas pelanggan sehingga dapat meningkatkan omset penjualan kebab Turki. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, citra, dan kepuasan pelanggan  terhadap loyalitas pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan program AMOS 22. SEM merupakan teknik statistik yang digunakan untuk menguji dan mengestimasi hubungan kausal (sebab-akibat) menggunakan kombinasi data statistik. Dari hasil analisis SEM berdasarkan data kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden pelanggan kebab Turki, diketahui bahwa variabel kualitas layanan, citra, dan kepuasan pelanggan masing-masing mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan. Hasil ini mengindikasikan bahwa semakin baik kualitas layanan, citra, dan kepuasan pelanggan maka loyalitas pelanggan akan semakin meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bloemer, Josee, Ko de Ruyter and Pascal Peeters. (1998). Investigating Drivers of Bank Loyalty : The Complex Relationship Between Image, Service, Quality and Satisfaction. International Journal of Bank Marketing, Vol.16, No.7.

https://doi.org/10.1108/02652329810245984

Bontis, Nick., and Lorne D. Booker. (2007). The mediating effect of orgnizational reputation on customer loyalty and service recomendation in banking industry. Management Decion, Vol. 45, No. 9 p. 1426-1445.

https://doi.org/10.1108/00251740710828681

Carmelia , Abraham and Asher Tishlerb. (2004). Resources, Capabilities, and the Performance of Industrial Firms: A Multivariate Analysis. Managerial and Decision Economics, Vol. 25, p. 299–315.

https://doi.org/10.1002/mde.1192

Dharmmesta, B. S. (1999). ”Loyalitas Pelanggan: Sebuah Kajian Konseptual Sebagai Panduan Bagi Peneliti”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol 14, No.3, h 73-88.

https://jurnal.ugm.ac.id/jieb/article/view/39434

Ferdinand, A. (2006). Structural Equation Modelling Dalam Penelitian Manajemen Edisi 4. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

https://scholar.google.co.id/citations?user=qDCMh1AAAAAJ&hl=en

Ghozali, I. & Fuad. (2008). Structural Equation Modeling: Teori, Konsep, dan Aplikasi Dengan Program Lisrel 8.80 (2th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

https://lib.undip.ac.id/index.php?p=show_detail&id=40263&keywords=

Griffin, J. (2011). Customer Loyalty : How to Earn It, How to Keep It. Singapore: Lexington Books.

https://webpac.lib.itb.ac.id/find/detail/55657

Hair, Joseph F; Black, William C; Babin, Barry J;Anderson, Rolph E; and Tatham, Ronald L. (2006). Multivariate Data Análisis, 6th ed. Upper Saddle River. New Jersey: Pearson Education, Inc.

https://www.scirp.org/(S(lz5mqp453edsnp55rrgjct55))/reference/ReferencesPapers.aspx?ReferenceID=1747215

Keller, K. L. (1993). Conceptualizing, Measuring, and Managing Customer-Based Brand Equity. Journal of Marketing. Journal of Marketing, Vol.57 , 1-22.

https://doi.org/10.2307/1252054

Kertajaya, H. (2007). “Customer Conversion Journey: Strategi dan Taktik Jitu Membangun Loyalitas Pelanggan” (Dalam Kartajaya, H. (Ed), Markplus on Marketing The Second Generation ed.). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P. (1997). Marketing Management : Analisis, Planning, Implementation and Control 9th edition. New Jersey: Prentice Hall International.

https://lib.ui.ac.id/detail?id=20123023

Ramadiani. (2010). Sem dan Lisrel untuk Analisis Multivariate. Jurnal Sistem Informasi (JSI), 2(1):179-188.

https://www.researchgate.net/publication/329174752_SEM_DAN_LISREL_UNTUK_ANALISIS_MULTIVARIATE

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

https://scholar.google.com/citations?user=uUIIujUAAAAJ&hl=en

Sugiyono. (2012). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

https://scholar.google.com/citations?user=uUIIujUAAAAJ&hl=en

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

https://scholar.google.com/citations?user=uUIIujUAAAAJ&hl=en

Tjiptono, F. (2002). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

https://scholar.google.com.my/citations?user=fQLNcNUAAAAJ&hl=en

Zeithaml, V.A. and Bitner, M.J. (2003) Services Marketing: Integrating Customer Focus across the Firm. 3rd Edition, McGraw-Hill, Boston, New York.

https://www.scirp.org/(S(351jmbntvnsjt1aadkposzje))/reference/ReferencesPapers.aspx?ReferenceID=1353781

Published
2023-02-28
How to Cite
Salamun, H., Tukan, M., & Tutuhatunewa, A. (2023). APLIKASI METODE STRUCTURAL EQUATION MODELING DALAM MENGANALISIS VARIABEL-VARIABEL YANG MEMENGARUHI LOYALITAS PELANGGAN PRODUK KEBAB TURKI. I Tabaos, 3(1), 31-42. https://doi.org/10.30598/i-tabaos.2023.3.1.31-42
Section
Articles