MODIFIKASI KURSI KULIAH UNTUK MAHASISWA KIDAL

  • Gherbelita Salhuteru Mahasiswa
  • Nil E. Maitimu Universitas Pattimura
  • Victor O. Lawalata Universitas Pattimura
Keywords: Desain Produk, Metode Quality Function Deployment, Kursi Kuliah, Kidal

Abstract

Umumnya kursi kuliah dilengkapi dengan penempatan meja di bagian kanan, dengan keuntungan menghemat ruang penggunaan kursi. Namun penempatan meja di sisi kanan ini pun mempunyai masalah, dikarenakan terdapat beberapa mahasiswa yang dominan menggunakan tangan kiri, atau lebih dikenal dengan kidal. Tujuan pada penelitian ini untuk mengdentifikasi kebutuhan desain kursi kuliah untuk mahasiswa kidal. Metode analisis data menggunakan metode Quality Function Deployment. Adapun tahapan dalam penelitian dengan melakukan penyebaran dua kuisioner yaitu kuisioner terbuka dan kuisioner tertutup, yang disebarkan kepada seluruh mahasiswa kidal di Fakultas Teknik angkatan 2018 dan 2019. Hasil penyebaran kuisioner kemudian dilakukan uji validitas dan reliabilitas, dan kemudian diolah dengan menggunakan metode QFD. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa terdapat sepuluh macam kebutuhan mahasiswa kidal terhadap rancangan kursi kuliah yaitu kursi kuliah yang memiliki ukuran yang sesuai dengan tubuh mahasiswa, sandaran dan alas duduk yang tebal, empuk dan padat, tidak menimbulkan bising saat penggunaan, meja yang dapat diatur berdasarkan posisi menulis, ukuran meja yang lebih besar, mudah saat dilipat, kuat dan tahan lama, memiliki fitur gantungan tas dan tempat pensil, serta desain yang simpel dan menarik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cross, N. (2021). Engineering Design Methods: Strategies for Product Design, fifth Edition, John Wiley & Sons, New York.

Ginting, Rosnani. 2010. Perancangan Produk. Yogyakarta: GrahaIlmu.

Ginting, R., & Khatami, M. (2019, December). Perancangan Produk dengan Menggunakan Nigel Cross. In Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE) (Vol. 2, No. 3).

Margiyani, W. (2020). Redesain Kursi Kuliah Ergonomis Pada Fakultas Teknik Universitas Pattimura. 24-25.

Published
2023-02-28
How to Cite
Salhuteru, G., Maitimu, N., & Lawalata, V. (2023). MODIFIKASI KURSI KULIAH UNTUK MAHASISWA KIDAL. I Tabaos, 3(1), 23-30. https://doi.org/10.30598/i-tabaos.2023.3.1.23-30
Section
Articles