PENETAPAN STUDI GERAK, PENENTUAN WAKTU BAKU DAN PENGUKURAN PRODUKTIVITAS KERJA PADA PROSES PENGEMASAN ABON IKAN

  • Zahra Raharusun
  • Aminah Soleman Universitas Pattimura
  • Ariviana L. Kakerissa
Keywords: Method Time Measurement, Waktu Baku, Stopwatch Time Study, Produktivitas, Takt Time

Abstract

Home industry BAROKAH merupakan industri rumah tangga yang bergerak dalam bidang pangan terutama sentra olahan hasil laut yang menghasilkan abon ikan. Home industry BAROKAH berdiri sejak tahun 2010 dengan alamat Desa Dullah, Kecamatan Dulah Utara, Kota Tual. Kondisi lingkungan kerja pada home industry BAROKAH belum tertata dengan rapi sehingga diperlukan perbaikan agar dapat mengatur lingkungan kerja, mulai dari bahan baku hingga menjadi produk yang siap jual, tidak terkecuali pada proses pengemasan abon ikan. Home industry BAROKAH belum memiliki waktu baku proses produksinya. Penelitian ini bertujuan menganalisis masalah studi gerakan, menghitung waktu standar dan produktivitas pada proses pengemasan abon ikan di Home industry BAROKAH. Metode yang digunakan adalah metode Stopwatch time study, Motion Time Study (MTM) untuk mengukur waktu baku yang diperlukan pada proses pengemasan dan takt time untuk menghitung produktivitas kerja. Hasil Pengukuran waktu baku di proses pengemasan abon ikan menggunakan metode jam henti, diperoleh total waktu yang diperlukan untuk menghasilkan satu kemasan abon ikan siap dipasarkan adalah dengan waktu siklus 58,4 detik, waktu normal 61,32 detik dan waktu baku 71.74 detik. Produktivitas pekerja pengemasan abon ikan menggunakan metode takt time adalah 12 kemasan/jam dengan waktu baku menghasilkan sebanyak 50 kemasan/jam, sehingga total output dari 100 menjadi 400 kemasan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bary AM, Syuaib MF, Rachmat M. 2013. Analisis Beban Kerja Pada Proses Produksi Crude Palm Oil (CPO) di PABRIK Minyak Sawit dengan Kapasitas 50 Ton TBS/Jam. Jurnal Teknologi Industri Pertanian 23 (3):220-231.
Febriana NV, Lestari ER, Anggaraini S. 2013. Analisis Pengukuran Waktu Kerja Degan Metode Pengukuran Kerja Secara Tidak Langsung Pada Bagian Pengemasan Di PT JAPFA COMFEED INDONESIA Tbk. Jurnal Industri 4 (1):66 –73 66.
Hasibuan MSP. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta (ID): PT Bumi Aksara.
Herjanto E. 2007. Manajemen Operasi. Ed ke-3. Jakarta (ID): Gramedia Widiasarana Indonesia
Sedarmayanti. 2001. Sumberdaya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung (ID): Mandar Maju
Sutalaksana, Iftikar Z. (2006), Teknik Tata Cara Kerja. Laboratorium Tata Cara Kerja & Ergonomi, Departemen Teknik Industri ITB, Bandung.
Wignjosoebroto, Sritomo. 1995. Ergonomi, Studi Gerak Dan Waktu. Teknik Analisis Untuk Peningkatan Produktivitas kerja, Edisi Pertama. PT. Guna Widya : Jakarta.
Wignjosoebroto, Sritomo. 2006. Ergonomi Studi Gerak dan Waktu. Surabaya : penerbit Guna Widya.
Published
2023-02-28
How to Cite
Raharusun, Z., Soleman, A., & Kakerissa, A. (2023). PENETAPAN STUDI GERAK, PENENTUAN WAKTU BAKU DAN PENGUKURAN PRODUKTIVITAS KERJA PADA PROSES PENGEMASAN ABON IKAN. I Tabaos, 3(1), 49-58. https://doi.org/10.30598/i-tabaos.2023.3.1.49-58
Section
Articles