ANALISIS HARGA POKOK PRODUKSI OVEN SPECIAL HOCKY DENGAN PENDEKATAN ACTIVITY BASED COSTING (ABC)

  • Mutiara An Nur Teknik Industri, Universitas Pattimura
  • Alfredo Tutuhatunewa Teknik Industri, Universitas Pattimura
  • Johan Marcus Tupan Teknik Industri, Universitas Pattimura
Keywords: Activity Based Costing, Harga Pokok Produksi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Abstract

Oven special hocky merupakan salah satu produk yang diproduksi oleh UMKM di Desa Liang. Perhitungan harga pokok produksi yang diterapkan pada UMKM ini hanya berdasarkan biaya bahan baku saja. Biaya-biaya lain seperti biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik tidak diperhitungkan atau masuk ke dalam biaya tipe beban. Yang berarti biaya ini akan mengurangi laba yang diterima UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan harga pokok produksi oven special hocky yang akurat dengan menggunakan metode Activity Based Costing. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi literatur. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan metode activity based costing didapatkan hasil yang berbeda. Metode perhitungan harga pokok produksi yang diterapkan oleh UMKM sebesar Rp120.000 dan perhitungan harga pokok produksi menggunakan metode ABC sebesar Rp198.873,76. Hal ini berarti produk oven special hocky mengalami under costed. Perbedaan ini terjadi karena perhitungan metode UMKM tidak tepat karena tidak memperhitungkan biaya overhead dan biaya tenaga kerja langsung dalam proses produksi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnyana, I. M. (2019). Akuntansi Manajemen. Lembaga Penerbitan Universitas Nasional (LPU-UNAS).

Dewi, S. P., & Kristanto, S. B. (2013). Akuntansi biaya. In Media.

Hariyani, D. S. (2018). Akuntansi Manajemen: Teori Dan Aplikasi (1st ed.). Aditya Media Publishing.

Mulyadi. (2003). Activity Based Cost System: Sistem informasi Biaya Untuk Pengurangan Biaya (6th ed.). UPP AMP YKPN.

Riyadi, S. (2017). Akuntansi Manajemen. Zifatama Jawara.

Sinurat, M., Siahaan, A. M., Doloksaribu, A., & Sihombing, H. (2015). Akuntansi Biaya. Fakultas Ekonomi Universitas HKBP Nommensen.

Published
2023-06-07
How to Cite
Nur, M., Tutuhatunewa, A., & Tupan, J. (2023). ANALISIS HARGA POKOK PRODUKSI OVEN SPECIAL HOCKY DENGAN PENDEKATAN ACTIVITY BASED COSTING (ABC). I Tabaos, 3(2), 79-86. https://doi.org/10.30598/i-tabaos.2023.3.2.79-86
Section
Articles