OPTIMISASI BIAYA PRODUKSI DAN PENDAPATAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE GOAL PROGRAMMING PADA ISTANA ROTI DAN ES HILYAH BAKERY

  • Junaidi Junaidi Teknik Industri, Universitas Pattimura
  • Mohammad Thezar Afifudin Teknik industri, universitas Pattimura
  • Dian Pratiwi Sahar Teknik industri, universitas Pattimura
Keywords: Produksi roti, optimasi, Goal programming, Biaya produksi, Sensitivitas

Abstract

Istana Roti dan Es Hilyah Bakery bergerak dibidang kuliner yang memproduksi jenis-jenis roti dengan berbagai rasa, dalam hal ini proses produksi pada Istana Roti dihadapkan dengan permasalahan optimal biaya produksi dan pendapatan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengoptimasi biaya produksi dan pendapatan pada Istana Roti dengan menggunakan metode goal programming. Komponen biaya yang dipertimbangkan yaitu biaya bahan baku, biaya overhead, dan biaya produksi. Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan goal programming dapat disimpulkan bahwa optimasi biaya produksi dan penjualan pada Istana Roti dan Es Hilyah Bakery optimal jika diproduksi roti tawar sebanyak 25% pcs, roti coklat sebanyak 20% pcs, roti ampas terigu sebanyak  17% pcs, roti kasur kenari sebanyak 18% pcs, dan roti mocca sebanyak 20% pcs. Dengan rencana produksi tersebut maka efisiensi biaya produksi turun hingga 38% dan pendapatan naik hingga 4%. Selain itu dua skenario dilakukan sensitivitas, dimana sensitivitas 1 dilakukan penjualan meningkat hingga dua kali lipat dari target dan sensitivitas 2 penjualan menurun hingga dua kali lipat dari target produksi. Dari skenario tersebut dilihat adanya additivities model terhadap perubahan parameter.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim (2020). LINGO: the modeling language and optimizer. LINDO Systems Inc.

Amalia, R. (2016). Penerapan Metode Goal Programming Untuk Optimasi Biaya Produksi Pada Produk Air Mineral Aqua Di Bangkalan. 2(2).

Charnes A, Cooper W.W., Ferguson R.O. (1955). Optimal estimation of executive compensation by linear programming. Linear Programming, 1(2), 138–151.

Charnes A. & Cooper. W.W. (1961). Multicopy traffic network models. In: Herman R (ed) Theory of traffic flow. pp 85–96.

Sasmita, H. (2020). Implementasi Untuk Optimasi Biaya Produksi Dan Target Penjualan (Toko Roti Tiga Bintang) Menggunakan Metode Goal Programming, KERNEL,1(1), 82–93.

Harjiyanto, T. (2014). Aplikasi Model Goal Programming untuk Optimasi Produksi Aksesoris. Optimasi.

Sukirno, S. (2002) Pengantar Teori Mikro Ekonomi Edisi Ketiga, PT Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Susanto, A. (2006). Penelitian Operasional dalam dunia bisnis. Teknik Informatika.

Published
2023-06-08
How to Cite
Junaidi, J., Afifudin, M., & Sahar, D. (2023). OPTIMISASI BIAYA PRODUKSI DAN PENDAPATAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE GOAL PROGRAMMING PADA ISTANA ROTI DAN ES HILYAH BAKERY. I Tabaos, 3(2), 93-101. https://doi.org/10.30598/i-tabaos.2023.3.2.93-101
Section
Articles