Pengaruh Pengalaman Kerja, Skeptisme Profesional Dan Tekanan Waktu Terhadap Kemampuan Auditor Dalam Mendeteksi Kecurangan

  • Muhammad Fadila Laitupa Universitas Pattimura
  • Heldy Hehanussa Universitas Pattimura
Keywords: Pengalaman Kerja, Skeptisme Profesional, Tekanan Waktu, Kemampuan Auditor Mendeteksi Kecurangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengalaman kerja, skeptisme profesional dan tekanan waktu terhadap kemampuan auditor dalam mendeteksi kecurangan. Penelitian ini dilakukan pada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Maluku. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. 60 kuesioner yang dibagikan, 49 kuesioner yang kembali dan 48 kuesioner yang layak digunakan dan dapat olah dalam penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan diukur dengan menggunakan skala likert. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda yang pengolahannya melalui software SPSS

Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Pengalaman Kerja berpengaruh signifikan terhadap Kemampuan Auditor Dalam Mendeteksi Kecurangan. Skeptisme Profesional berpengaruh signifikan terhadap Kemampuan Auditor Dalam Mendeteksi Kecurangan. Tekanan Waktu tidak berpengaruh signifikan terhadap Kemampuan Auditor Dalam Mendeteksi Kecurangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggriawan Eko. 2014. Pengaruh Pengalaman Kerja, Skeptisme Profesional dan Tekanan Waktu Terhadap Kemampuan Auditor Dalam Mendeteksi Fraud (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di DIY). Jurnal Nominal. Vol. III No. 2.

Budianto Dennis. 2017. Pengaruh Skeptisisme, Tipe Kepribadian dan Kompetensi Terhadap Kemampuan Auditor Dalam Mendeteksi Kecurangan. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

Butar Sarina dan Perdana Halim. 2017. Penerapan Skeptisisme Profesional Auditor Internal Pemerintah Dalam Mendeteksi Kecurangan (Studi Kasus pada Auditor perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah). Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol.20 No. 1

Dandi Voedha. 2017. Pengaruh Beban Kerja, Pelatihan dan Tekanan Waktu Terhadap Kemampuan Auditor Dalam Mendeteksi Kecurangan (Studi Empiris BPK RI Perwakilan Provinsi Riau). JOM Fekon, Vol. 4 No 1.

Fatimah Isti. 2016. Pengaruh Pengalaman Auditor, Independensi, Tekanan Waktu dan Skeptisisme Profesional Auditor Terhadap Kemampuan Auditor Dalam Mendeteksi Kecurangan (fraud) (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Yogyakarta dan Semarang). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Fitria Diana. 2010. Pengaruh Pengalaman Terhadap Peningkatan Keahlian Auditor Dalam Bidang Auditing (Studi Empiris pada KAP di Pekanbaru). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Fransisco, dkk. 2019. Pengaruh Kompetensi, Independensi, dan Tekanan Waktu Terhadap Kemampuan Auditor Mendeteksi Kecurangan dengan Skeptisme Profesional sebagai Variabel Intervening. Prosiding Seminar Nasional Pakar Ke 2 Tahun 2019.

Ghozali, I. 2011. Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS19 (VIII). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

.2016. Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23 (VIII). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hafizhah Nurul dan Abdurahim Ahim. 2017. Pengaruh Tekanan Waktu, Independensi, Skeptisme Profesional dan Pengalaman Kerja Terhadap Kemampuan Auditor Mendeteksi Kecurangan pada Laporan Keuangan (Studi empiris pada Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provins i Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal dan Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia. Vol. 1 No. 1.

Hartan Trinanda. 2016. Pengaruh Skeptisme Profesional, Independensi dan Kompetensi Terhadap Kemampuan Auditor Mendeteksi Kecurangan (Studi Empiris pada Inspektorat Daerah Istimewa Yogyakarta). Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Lunthans, Fred. 2006. Perilaku organisasi (Edisi 10). Yogyakarta: Andi

Mulyadi. 2002. Auditing (Edisi 6 Buku 1). Jakarta: Salemba Empat.

Noviyanti Suzy. 2008. Skeptisme Profesional Auditor Dalam Mendeteksi Fraud.

Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia. Vol. 5 No. 1, Hal. 102-125.

Nurmin. 2017. Pengaruh Profesionalisme Auditor Terhadap Pengungkapan Kecurangan (Studi pada Auditor BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara). Jurnal Akuntansi. Hal 14-26.

Pusdiklatwas BPKP. (2008). Fraud Auditing. Edisi Kelima.

Sania Almaghfuroh, dkk. 2019. Skeptisme Profesional, Independensi, Tekanan Waktu, Pengalaman Audit dan Kemampuan Auditor dalam Mendeteksi Kecurangan. Prosiding Mahasiswa Seminar Nasional Unimus Vol. 2.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif dan kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukriah Ika dkk. 2009. Pengaruh Pngalaman Kerja, Independensi, Obyektifitas, Integritas dan Kompetensi Terhadap Kualitas Hasil Pemeriksaan. SNA 12 Palembang Universitas Sriwijaya.

Sumber berita : http://ambonekspres.fajar.co.id/2019/02/07/bpk-tak-becus-kejati- tarik-kasus-terminal-transit/

Supriyanto. 2014. Pengaruh Beban Kerja, Pengalaman Audit, Tipe Kepribadian dan Skeptisme Profesional terhadap Kemampuan Auditor Dalam Mendeteksi Kecurangan (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Kota Solo dan Yogyakarta). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Syahrani Indriani. 2016. Pengaruh Skeptisisme Profesional dan Independensi Auditor Terhadap Pendeteksian Fraud (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Makassar). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin Makasar.

Wardani Widya. 2018. Pengaruh Keahlian Forensik, Skeptisme Profesional dan Tekanan Waktu Terhadap Pendeteksian Kecurangan ( Studi Empiris pada Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta). Skripsi. Fakultas Ekonomi Univeristas Islam Indonesia.

Widiyastuti Marcellina dan Pamudji Sugeng. 2009. Pengaruh Kompetensi, Independensi, dan Profesionalisme Terhadap Kemampuan Auditor Dalam Mendeteksi Kecurangan (Fraud). Jurnal. Maret 2009 – Agustus 2009, Vol 5, No 2.

Published
2020-07-10
How to Cite
Laitupa, M., & Hehanussa, H. (2020). Pengaruh Pengalaman Kerja, Skeptisme Profesional Dan Tekanan Waktu Terhadap Kemampuan Auditor Dalam Mendeteksi Kecurangan. Jurnal Akuntansi, 6(1), 1-22. https://doi.org/10.30598/j.v6.i1.p1-22
Section
Articles