Pengaruh Good Public Governance dan Pengendalian Internal Terhadap Kualitas Informasi Laporan Keuangan di Pemerintahan Kota Ambon

  • Retno Widia Astuti Fakultas Ekonomi Program Pasca Sarjana Universitas Pattimura
Keywords: good public governance, pengendalian internal, kualitas informasi laporan keuangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh good public governance dan pengendalian internal terhadap kualitas informasi laporan keuangan pemerintah daerah kota ambon. Melihat sejauh mana laporan keuangan menyajikan informasi yang benar dan jujur, yang dapat dirasakan oleh berbagai kepentingan untuk terciptanya keadilan di dalam sistem dan saling berinteraksi satu sama lain agar tercapainya suatu target atau sasaran yang telah ditetapkan di dalam pengendalian internal. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan berbasis aktual, laporan keuangan pemerintah harus memenuhi 4 karakteristik kualitatif/kualitas informasi berikut: relevan, andal, dapat dibandingkan, dapat dipahami.

Populasi pada penelitian ini adalah kepala dinas atau sekretaris dinas, kepala subbagian keuangan dan perencanaan, kepala bagian, dan staf yang bekerja lebih dari setahun di Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kota Ambon. Teknik pengambilan sampel Penelitian ini dilakukan pada 24 Organisasi Perangkat Daerah, terdiri dari Dinas dan Badan di Pemerintahan Kota Ambon, dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling menghasilkan 96 sampel untuk diolah. Teknik pengumpulan data melalui penelitian lapang berupa menyebarkan kuisioner kepada responden, Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program SPSS versi 24 dengan metode analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa good public governance dan pengendalian internal berpengaruh terhadap kualitas informasi laporan keuangan pemerintah daerah. Dibuktikan dengan nilai uji t menunjukan angka -2,958 dan signifikasinya 0,004<0,05 dari hasil tersebut maka ada pengaruh yang signifikan antara good public governance dan kualitas informasi laporan keuangan. Sedangkan uji t untuk variabel pengendalian internal menunjukan angka 6,805 dan signifikansinya 0,000<0,05 dari hasil tersebut maka ada pengaruh yang signifikan antara pengendalian internal dan kualitas informasi laporan keuangan. Hasil analisis koefisien determinasi (R2) menunjukan besarnya pengaruh good public governance dan pengendalian internal terhadap kualitas informasi laporan keuangan yaitu 0,325 artinya 32,5% dan sisanya 67,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adisasmito, Rahardjo, 2011. “Pengelolaan Pendapatan Dan Anggaran Daerah, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Adrian, Sutedi. 2012. “Good Corporate Governance”. Sinar Grafika. Jakarta.
Bastian, Indra. 2007. “Audit Sektor Publik”. Jakarta: Salemba Empat.
Celviana Winidyaningrum dan Rahmawati, 2010. Pengaruh Sumber Daya Manusia dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Keterandalan dan Ketepatwaktuan Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah dengan Variabel Intervening Pengendalian Intern Akuntansi (Studi Empiris di Pemda Subosukawonosraten). (Purwokerto: SNA XIII).
Darwanis, M, dan D. Dwi. 2009. Pengaruh Kapasitas Sumberdaya manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Pengendalian Intern Akuntansi Terhadap Keterandalan Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah. Jurnal Telaah & Riset Akuntansi Universitas Syiah Kuala Vol. 2. No. 2 Juli : 133151.
Dita Arfianti. 2011. Analsisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Informasi Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi pada Satuan Kerja Perangkat Daerah di Kabupaten Batang), Universitas Diponegoro, Semarang.
Fikri, M. Ali, Inapty, B. Adha., Martiningsih, R. R. S. Pancawati. 2015. Pengaruh Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan, Kompetensi Aparatur Dan Peran Audit Internal Terhadap Kualitas Informasi Laporan Keuangan Dengan Sistem Pengendalian Intern Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada SKPD-SKPD Di Pemprov. NTB). Jurnal Simposium Nasional Akuntansi 18.
Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Governmental Accounting Standards Boards (GASB). 1999. Concepts Statement No. 1: Objectives Of Financial Reporting In Governmental Accounting Standards Boards Series Statement No. 34: Basic Financial Statement And Management Discussion And Analysis For State And Local Government. Norwalk.
Harlinda, 2016, Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kualitas Informasi Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Empiris pada Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Riau), Jurnal Sorot Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Riau.
Harnovinsah, Metodologi Penelitian. Pusat Bahan Ajar dan Elearning. Universitas Mercu Buana.
Hidayat. 1986. Teori Efektifitas Dalam Kinerja Karyawan. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.
https://kumparan.com/ambonnesia/bpk-laporan-keuangan-kota-ambon-raih-wtp-27431110790549262
https://www.malukuprov.go.id/index.php/2016-10-06-01-22-07/dinas?start=12
http://www.tribunnews.com/nasional/2017/10/04/bpk-temukan-1137-ketidakpatuhan-dalam-laporan-keuangan-pemerintah
https://terasmaluku.com/pemkot-ambon-kembali-raih-wtp-atas-laporan-keuangan/
https://www.republika.co.id/berita/ekonomi/keuangan/18/05/04/p879mh335-iai-nilai-kualitas-pelaporan-keuangan-pemerintah-rendah
https://www.republika.co.id/berita/ekonomi/keuangan/18/05/04/p879mh335-iai-nilai-kualitas-pelaporan-keuangan-pemerintah-rendah
https://www.researchgate.net/publication/326161268_Kualitas_Informasi_Laporan_Keuangan_Pemerintah_Daerah_Dan_Faktor_Yang_Memengaruhinya_The_Quality_of_Information_in_Local_Government_Financial_Statement_and_the_Influential_Factors
Husaini Usman, dan Purnomo Setiady Akbar, 1996, , Metodologi penelitian sosial, PT. Bumi Aksara Jakarta. Cetakan 1.
Ikatan Akuntansi Indonesia. 2009. Laporan Keuangan Daerah, Mengapa Mutu Laporan Keuangan Daerah menurun? Pemerintah Daerah Belum Paham Akuntansi ? Penerapan SAP Baru Kulit Luarnya.
Ikatan Akuntan Indonesia. 1994. Standar Akuntansi Keuangan, Jakarta: Salemba Empat.
I Wayan Hari Kurniawan. 2018. Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance Dalam Penyusunan Rpjmd Di Bappeda Provinsi Lampung (Studi Dalam Tahap Musrenbang Dan Penetapan Rpjmd 2015-2019 Provinsi Lampung).
I Putu Upabayu Rama Mahaputra dan I Wayan Putra. 2014. ‘Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kualitas Informasi Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah,” jurnal akuntansi Universitas Udayana 8.2.
Mardiasmo, 2002. “Elaborasi Reformasi Akuntansi Sektor Publik: Telaah Kritis Terhadap Upaya Aktualisasi Kebutuhan Sistem Akuntansi Keuangan Pemerintah Daerah. (JAAI Volume 6 No. 1,).
Marsdenia, 2016.” Kualitas Informasi Laporan Keuangan Entitas Sektor Publik Daerah X”, Jurnal Of Vocational Program University Indonesia, Volume 4. Nomor 1. Januari – Juni 2016.
Masdupi, 2005. ”Analisis Dampak Struktur Kepemilikan Pada Kebijakan Hutang Dalam Mengontrol Konflik Keagenan.” Jurnal Ekonomi Bisnis vol.20, No.1. Desember .
Moh., Nazir, 2009. Metode Penelitian, (Cet.VII; Jakarta: Graha Indonesia).
Nur Fitri Dewia, Ferdous Azama and Siti Khalidah Mohd Yusoff, 2019, Factors Influencing The Information Quality Of Local Government Financial Statement And Financial Accountability, Journal Management Science Letter, 1373–1384.
Payanta, 2006 :Pengaruh Kualitas Auditor, Independensi, Dan Opini Audit Terhadap Kualitas Laporan Keuangan” , Jurnal Bisnis Dan Manajemen Vol 6 No 1.
Republik Indonesia, Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan.
Riris Dwi Wahyu Rahmawati, 2015 : Analisis Sistem Pengendalian Intern Penerimaan Kas pada PT. Graha Sarana Gresik.
Sahya Anggra. 2012. Ilmu Administrasi Negara Kajian Konsep, Teori Dan Fakta Dalam Upaya Menciptakan Good Governance. Penerbit: Bandung;Pustaka Setia Cetakan 1.
Sanusi, A. 2013. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta : Salemba Empat.
Sedarmayanti, 2012. Good Governance Kepemerintahan Yang Baik Bagian Pertama edisi revisi , Mandar Maju, Bandung.
Sedarmayanti, 2012. Good Governance Kepemerintahan Yang Baik Bagian Kedua edisi revisi , Mandar Maju, Bandung
Sunyoto, Danang. 2011. Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. Yogyakarta: CAPS.
Tantriani Sukmaninggrum, 2012. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Informasi Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Empiris pada Pemerintah Kabupaten dan Kota Semarang).
Tohardi, 2008. Petunjuk Praktis Penelitian Sosial, Bandung: Mander Maju.
Published
2020-12-05
How to Cite
Astuti, R. (2020). Pengaruh Good Public Governance dan Pengendalian Internal Terhadap Kualitas Informasi Laporan Keuangan di Pemerintahan Kota Ambon. Jurnal Akuntansi, 6(2), 39-51. https://doi.org/10.30598/j.v6.i2.p39-51
Section
Articles