Pengaruh Penilaian Tindakan Supervisi dan Pengalaman Kerja dengan Pendekatan Dyadic Terhadap Kepuasan Kerja Auditor

Studi Empiris Pada Bpk, Inspektorat Kota Dan Provinsi Maluku

  • Christina Sososutiksno Universitas Pattimura
  • Yuyun Yuniarti Layn Universitas Pattimura
Keywords: Tindakan Supervisi, Pengalaman kerja, Kepuasan Kerja, Dyadic Supervisor dan Subordinat BPK , Inspektorat Kota dan Inspektorat Provinsi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan penilaian yang berasal dari supervisor dan subordinat, dan untuk mengetahui pengaruh penilaian supervisor maupun subordinat atas tindakan supervisi dan pengalaman kerja dengan pendekatan dyadic terhadap kepuasan kerja auditor pada BPK, Inspektorat Kota dan Provinsi Maluku.

Penelitian ini merupakan penelitian empiris dengan sumber data primer yang diperoleh melalui instrument kuesioner serta menggunakan metode purposive sampling atau sampel bertujuan untuk pengambilan sampel. Selain itu data dalam penelitian ini dianalisis dan diuji dengan menggunakan program statistik SPSS dan menggunakan 2 tahap pengujian hipotesis; pengujian beda dan pengujian regresi berganda.

Penelitian ini menunjukan bahwa secara statistik penilaian kedua pihak tersebut (supervisor/atasan dan subordinat/bawahan) tidaklah berbeda karena tindakan supervisi yang dilakukan untuk sektor publik adalah merata, baik untuk aspek kepemimpinan dan mentoring, kondisi kerja dan penugasan. Selain itu, hasil lain menunjukan bahwa terdapat hubungan positif antara penilaian subordinat dan superior atas tindakan supervisi terhadap kepuasan kerja auditor, serta terdapat hubungan positif antara penilaian subordinat dan superior atas pengalaman kerja terhadap kepuasan kerja auditor di BPK, Inspektorat Kota dan Provinsi Maluku.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdolmohammadi, Moh., dan Arnol Wright, (1987), “ An Examination Of The Effect Of Experience And Task Completion Audit Judgement”, The Accounting Review. Vol 1 pp. 1-13.
AECC (Accounting Education Change Commision) Issues Recommendations for Supervervisors of Early Work Experience No.4
Albercht, W. S., Scoot W. B. dan David R. Field, (1897), “Toward Increased Job Satisfaction of Practicing CPAs”, Journal of Accountancy pp. 61-66.
Basset, G., 1994,The Case Against Job Satisfaction, Business Horisons, May-June,volume 37, No. 3.
Belkaoui, Ahmed, 1989, Behavioral Accounting, New York : QUORUM Books
BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) Peraturan Badan Pemeriksa Keuangan No.4, 2010, tentang Jabatan Fungsional Pemeriksa Pada BPK.
Cherrington, David J., 1994, Organizational Behavior, Second Edition, Massachusetts : Allyn & Bacon.
Choo, Freddie, & Kim B. Tan, 1997, A Study of the Relations Among Disagreement in Budgetary Performance Evaluation Style, Job-Related Tension, Job Satisfaction and Performance, Behavioral Research in Accounting, Vol. 9.
Comstock, Thomas W., 1994, Fundamental of Supervision, New York : Delmar Publisher Inc.
Curry, J.P., Wakefield, D.S., Price, J.L., & Mueller, C.W., 1986, On the causal order of job satisfaction and organizational commitment, Academy of Management Journal, Volume 29.
Emory dan Cooper (1991-243) dalam Agus Harjito (1996), http://rac/uji.ac.id.
Gaertner, J.F. & Ruhe J.A., 1981, Job-Related Stress in Public Accounting, Journal of Accountancy (June).
Ghozali, Imam, 2005, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Handoko (1998) dalam Skripsi-Tesis.com, Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Prestasi Karyawan Pada Pt.Amico dan Curio, Semarang.
Huda, Mitfahul. (2000), “Hubungan Tindakan Supervisi dengan Kepuasan Kerja”, Jurnal Bisnis dan Akuntansi,Vol. 3 pp. 33-34.
Locke, E.A., 1969, What is job satisfaction?, Organizational Behavior and Human Performance, Volume 4.
Luthans, Fred, 1995, Organizational Behavior, 8th Edition, McGraw-Hill, Inc, USA.
Nurahma, Myrna dan Nur Indriantoro, (2000), Tindakan Supervisi dan Kepuasan Kerja di KantorAkuntan Publik, Jurnal Riset Akuntansi, Vol. 3 No. 1 hal 102-117, UGM.
Parker, Lee D., Kenneth R. Fenis & David T. Otley, 1989, Accounting for The Human Factor, Australia : Prentice Hall.
Patten, D.M. (1995). ‘Supervisory Action and job Satisfaction: An Analysis of Difference Between Large and Small Public Accounting Firm’. Accounting Horizon, 9 volume, no.2 June.
Purnamasari, Dian Indri, 2005. Pengaruh pengalaman kerja terhadap hubungan partisipasi dengan efektifitas sistem informasi. Jurnal riset akuntansi keuangan.
Puspaningsih, Abriyani, 2004. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan kerja dan kinerja manajer perusahaan manufaktur, JAAI.
Puspita, Lisa Martiah Nila, (2000), “Pengaruh Tindakan Supervisi terhadap Kepuasan Kerja Auditor Junior: Melalui Pendekatan Dyadic”, Thesis S2. tidak dipublikasikan.
Riggio, R.E., 1990, Introduction to Industrial/Organizational Psychology, Glenview, Illois: Scott, Foresman/Little Brown Higher Education.
Robbins, Stephen P., 1993, Organizational Behavior, Prentice Hall.
Rustiana dan Tethool (2003). Dampak Interaksi Tindakan Supervisi Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Auditor. Studi Empiris Di KAP Yogyakarta, Semarang Dan Solo). Artikel Akuntansi Volume 7, No.1, Hal. 12 – 20.
Standar Profesional Akuntan Publik, (2001), Ikatan Akutan Indonesia. Salemba, Jakarta.
Syafri Rahman A (2006) . Pengaruh Penilaian Tindakan Supervisi Dengan Pendekatan DYADIC Terhadap Kepuasan Kerja Auditor Yunior. Studi Empiris Pada Kantor Perwakilan BPK – RI Dan KAP). Tesis S2, Sekolah Pasca Sarjana Ilmu Akuntansi, Universitas Sumatera Utara, Medan.
Tubbs, Richard. M., (1992), “The Affect of Experience on The Auditor’s Organization and Amount of Knowledge,” The Accounting Review, Vol 67. No.4 pp. 783-801.
Wexley Kenneth N. and Yulk Gary A. (1985). Perilaku Organisasi. Edisi Bahasa Indonesia Jilid I, Jakarta: Bina Aksara.
Published
2020-12-05
How to Cite
Sososutiksno, C., & Layn, Y. (2020). Pengaruh Penilaian Tindakan Supervisi dan Pengalaman Kerja dengan Pendekatan Dyadic Terhadap Kepuasan Kerja Auditor. Jurnal Akuntansi, 6(2), 52-71. https://doi.org/10.30598/j.v6.i2.p52-71
Section
Articles