Pengaruh Computer anxiety Terhadap Keahlian Pemakaian Komputer Dengan Dimoderasi Motivasi Belajar Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Pattimura Ambon)

  • Johanis Darwin Borolla
Keywords: Computer Anxiety, Skills Using Computer, Motivation, Students.

Abstract

Tujuan:

Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan kecemasan komputer (kecemasan menggunakan komputer) pada mahasiswa pria dan wanita serta menunjukkan secara empiris pengaruh kecemasan komputer terhadap literasi komputer pada mahasiswa jurusan manajemen.

Metode: Responden yang digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pattimura yang berjumlah 100 orang. Dari sampel yang digunakan, didominasi oleh wanita yaitu sebanyak 58 orang sedangkan sisanya 42 pria. Secara keseluruhan siswa yang dijadikan responden dalam penelitian ini telah melalui kursus Pengantar Aplikasi Komputer dan Manajemen Sistem Informasi.

Hasil:Hasil penelitian membuktikan bahwa dari perspektif jenis kelamin, wanita lebih takut mengoperasikan komputer jika daripada pria, hasil dari berbagai variabel tes kemampuan untuk menggunakan komputer yang ditunjukkan oleh nilai positif menunjukkan 34,8 t dan nilai ini secara statistik signifikan pada 5% hati (α 0,05), nilai positif menunjukkan bahwa pria lebih mampu menguasai komputer jika dibandingkan dengan wanita. Kecemasan atau ketakutan dapat menyebabkan seseorang menggunakan komputer yang sulit dikuasai atau bahkan menambah spesialisasi di bidang komputer. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai t adalah -1,986 dengan nilai p adalah 0,49. Nilai p lebih kecil dari 0,05. Salah satu faktor yang mungkin berperan dalam mengurangi efek negatif dari kecemasan menggunakan komputer ke komputer literasi adalah motivasi untuk belajar.

 

 

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-30
How to Cite
BorollaJ. (2020). Pengaruh Computer anxiety Terhadap Keahlian Pemakaian Komputer Dengan Dimoderasi Motivasi Belajar Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Pattimura Ambon). Jar-Juir Jargaria (3J), 1(01), 24-32. Retrieved from https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/jarjuirjargaria/article/view/2158