Hubungan Kompetensi dan Motivasi Berprestasi Dengan Kinerja Guru SMA Negeri Di Kecamatan Kota Masohi Kabupaten Maluku Tengah
Abstract
Tujuan: Untuk mengetahui adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi, motivasi berprestasi dan kinerja guru SMA Negeri di Kecamatan Kota Masohi Kabupaten Maluku Tengah.
Metode: Dalam penelitian ini menggunakan metode lapangan (field research) melalui survei dengan penyebaran kuesioner dan penelitian ini menggunakan pendekatan teknik analisis regresi parsial maupun berganda, dan karena penelitian ini bersifat kuantitatif maka pengolahan data menggunakan perhitungan statistik, dimana peranan statistik dalam penelitian ini sebagai penyusunan model teoretik, perumusan hipotesis, pengembangan alat pengambilan data, penyusunan rancangan penelitian, statistik untuk pengolahan dan analisis data. Jumlah sampel yang digunakan dalam menguji tiga (3) variabel yakni; 108 orang guru.
Hasil: Hasil uji perbedaan rata-rata terhadap hasil belajar untuk kedua kelompok ekspreimen menunjukkan bahwa nilai Sig. lebih besar dari α, yaitu 0,153 lebih besar dari 0,05.
Kesimpulan: Mengacu pada hasil penelitian, disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar siswa kelas VII MTs AL-Irsyad Hutawa yang diajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif TTW dan TPS Pada Materi Operasi hitung bentuk aljabar.
Downloads
References
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional.
Fitrianur 2010. Kompetensi Profefesionalisme guru.hhtp/www.Tarakan kota.go.id
Mulyasa, E. 2012. .Standar Kompetensidan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Permadi, D. Dan Arifin, D. 2010. The Smiling Teacher: Perubahan Motivasi dan Sikap dalam Mengajar. Bandung: Nuansa Aulia.
Hasibuan, S.P. Malayu. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara
Rahabav, P. 2014. Kepemimpinan Kepala Sekolah di Era Otonomisasi Pendidikan. Yogyakarta. Kanisius
Hoy, Wayne K, Cecil. G. Miskel 2001. Education Administration Theory, Research, and Pratiche. Singapore.
Sunarto, 2010. Hubungan antara Motivasi Berprestasi dan Sikap terhadap Profesi dengan Kinerja guru SD Negeri kecamatan Delitua Kabupaten Deli Serdang. Tesis
Mohammad Kuswadi, 2014. Hubungan Struktural Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial, Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Efikasi Diri dan Motivasi Berprestasi dengan Kinerja Guru. Tesis
Muhamad Amin, 2012. Hubungan Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Kepribadian dengan Kinerja Guru SMK Negeri Surakarta. Tesis
Copyright (c) 2020 Costansa Thenu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.