Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajarkan Dengan Dua Model Pembelajaran Kooperatif (Studi Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dan Think Pair Share Pada Siswa Kelas VII MTs Al-Irsyad Hutawa Dalam Mempelajari Materi Operasi Hitu

  • Christina M Laamena
  • Darma Andreas Ngilawajan
  • Imelda Surasya Layn
Keywords: hasil belajar, model pembelajaran TTW (Think, Talk, Write), TPS (Think, Pair, Share), Operasi hitung bentuk aljabar.

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran TTW (Think, Talk, and Write) dan model pembelajran TPS (Think, Pair, Share) pada materi operasi bentuk aljabar di kelas VII Mts Al-Irsyad Hutawa.

Metode: Penelitian ini adalah kuantitatif, jenis penelitian Post Test Group Design. Populasinya adalah siswa kelas VII Mts Al-Irsyad Hutawa. Sampel penelitian ini adalah 34 siswa dikelas VII-1 dan 34 siswa di kelas VII-2. Penelitian menjadikan kelas VII-1  sebagai kelas eksperimen 1 yang diajarkan mengunakan model TTW dan kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen 2 yang diajarkan mengunakan model TPS.

Hasil: Hasil uji perbedaan rata-rata terhadap hasil belajar untuk kedua kelompok eksprimen menunjukkan bahwa nilai Sig. lebih besar dari α, yaitu 0,153 lebih besar dari 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran TTW (Think, Talk, and Write) dan model pembelajran TPS (Think, Pair, Share) pada materi operasi bentuk aljabar di kelas VII Mts Al-Irsyad Hutawa tidak menunjukkan nilai berbeda.

Kesimpulan: Mengacu pada hasil penelitian, disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar siswa kelas VII MTs AL-Irsyad Hutawa yang diajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif TTW dan TPS Pada Materi Operasi hitung bentuk aljabar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-30
How to Cite
LaamenaC., NgilawajanD., & LaynI. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajarkan Dengan Dua Model Pembelajaran Kooperatif (Studi Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dan Think Pair Share Pada Siswa Kelas VII MTs Al-Irsyad Hutawa Dalam Mempelajari Materi Operasi Hitu. Jar-Juir Jargaria (3J), 1(01), 45-49. Retrieved from https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/jarjuirjargaria/article/view/2163