Kemelimpahan Spesies Gastropoda Laut di Zona Intertidal Negeri Asilulu, Maluku Tengah

Marine Gastropod species abundance at Assilulu Intertidal Zone, Central Maluku

  • Sara Haumahu Program Studi Ilmu Kelautan, Jurusan Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Pattimura, Jl. Ir. M. Putuhena, Kec. Teluk Ambon, Kota Ambon, Maluku, Indonesia.
  • Fitria Sanduan Program Studi Ilmu Kelautan, Jurusan Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Pattimura, Jl. Ir. M. Putuhena, Kec. Teluk Ambon, Kota Ambon, Maluku, Indonesia.
  • Pruley A. Uneputty Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Pattimura, Jl. Ir. M. Putuhena, Kec. Teluk Ambon, Kota Ambon, Maluku, Indonesia.
Keywords: Spesies composition, marine gastropod, ecological density, abundance

Abstract

Gastropoda merupakan kelompok terbesar dari filum moluska dengan keanekaragaman spesies yang sangat tinggi. Organisme ini umumnya ditemukan melimpah pada zona intertidal. Penelitian ini dilakukan di zona intertidal Negeri Asilulu dengan tujuan untuk menginventarisasi spesies gastropoda, mengestimasi kepadatan ekologi,  kelimpahan dan menganalisis  indeks ekologi komunitas. Metode sampling yang digunakan adalah transek garis. Sampling dilakukan pada dua lokasi yaitu lokasi pemukiman dan non pemukiman. Delapan belas spesies gastropoda ditemukan dalam penelitian ini dan dikelompokan dalam empat subkelas, lima ordo, delapan famili dan 11 genera. Sebanyak 16 spesies gastropoda ditemukan pada lokasi pemukiman dan 12 spesies ditemukan pada lokasi non pemukiman. Kepadatan ekologi yang tinggi pada lokasi pemukiman diwakili oleh N. plicata, N. costata dan T. granulata sedangkan pada lokasi non pemukiman diwakili oleh N. costata dan N. Patula. Kelimpahan spesies gastropoda pada lokasi pemukiman berkisar antara 5.000 individu dan 18.750 individu. Sebaliknya pada lokasi non pemukiman, kelimpahan spesies gastropoda berkisar antara 176 individu dan 8118 individu. Keragaman spesies (H’) pada lokasi pemukiman dan non pemukiman digolongkan rendah, dan keserasian spesies (J’) menunjukkan distribusi individu yang hampir sama dan nilai dominansi (D) mengindikasikan tidak adanya spesies yang mendominansi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-05
How to Cite
Haumahu, S., Sanduan, F., & Uneputty, P. (2024). Kemelimpahan Spesies Gastropoda Laut di Zona Intertidal Negeri Asilulu, Maluku Tengah. Journal of Coastal and Deep Sea, 2(1), 26-36. https://doi.org/10.30598/jcds.v2i1.13452