PENGARUH TEKNIK ANAGRAM TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN SISWA SMA PGRI 1 AMBON
Abstract
Studi ini bertujuan untuk menentukan apakah teknik anagram mempengaruhi penguasaan kosakata Bahasa Jerman siswa SMA PGRI 1 Ambon. Metode eksperimen kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini melibatkan 20 siswa di kelas XI IPS SMA PGRI 1 Ambon, dan berlangsung dari tanggal 13 Januari hingga 13 Februari. Hasil analisis dilakukan dengan program Spss 23, instrumen penelitian yaitu menggunakan tes tertulis berupa Lückentest. Hasilnya menunjukkan bahwa menggunakan metode anagram memiliki efek positif. pada penguasaan kosakata bahasa Jerman siswa SMA PGRI 1 Ambon. Nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel, yaitu 14,565 lebih besar dari 1,729. Hasil tersebut menunjukan bahwa adanya peningkatan penguasan kosakata Bahasa Jerman berdasarkan nilai pre-test sebelumnya yaitu dengan rata-rata nilai 47,25 mengalami peningkatan menjadi 82,25. Selanjutnya hasil kuisioner juga menunjukan bahwa 100% siswa setuju dengan penggunaan teknik anagram dalam pembelajaran kosakata Bahasa Jerman.
Downloads
Copyright (c) 2023 J-EDu: Journal - Erfolgreicher Deutschunterricht
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.