PENGARUH TEKNIK ANAGRAM TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN SISWA SMA PGRI 1 AMBON

  • Sri Kartini Anakotta
  • Henderika Serpara
  • Carolina Lestuny
Keywords: Teknik Anagram, Kosakata Bahasa Jerman

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menentukan apakah teknik anagram mempengaruhi penguasaan kosakata Bahasa Jerman siswa SMA PGRI 1 Ambon. Metode eksperimen kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini melibatkan 20 siswa di kelas XI IPS SMA PGRI 1 Ambon, dan berlangsung dari tanggal 13 Januari hingga 13 Februari. Hasil analisis dilakukan dengan program Spss 23, instrumen penelitian yaitu menggunakan tes tertulis berupa Lückentest. Hasilnya menunjukkan bahwa menggunakan metode anagram memiliki efek positif. pada penguasaan kosakata bahasa Jerman siswa SMA PGRI 1 Ambon. Nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel, yaitu 14,565 lebih besar dari 1,729. Hasil tersebut menunjukan bahwa adanya peningkatan penguasan kosakata Bahasa Jerman berdasarkan nilai pre-test sebelumnya yaitu dengan rata-rata nilai 47,25 mengalami peningkatan menjadi 82,25. Selanjutnya hasil kuisioner juga menunjukan bahwa 100% siswa setuju dengan penggunaan teknik anagram dalam pembelajaran kosakata Bahasa Jerman.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-04
How to Cite
Anakotta, S., Serpara, H., & Lestuny, C. (2023). PENGARUH TEKNIK ANAGRAM TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN SISWA SMA PGRI 1 AMBON. J-EDu: Journal - Erfolgreicher Deutschunterricht, 3(2), 62-68. https://doi.org/10.30598/J-EDu.3.2.62-68