Hubungan antara Kepribadian dan Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Pattimura

  • Fitri - Pattimura University
  • Jolanda Tomasouw Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Pattimura
  • Ida Costansa Tamaela Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Pattimura
Keywords: hubungan, kepribadian, penguasaan kosakata, keterampilan berbicara bahasa Jerman

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui hubungan antara kepribadian dengan keterampilan berbicara bahasa Jerman; 2) mengetahui hubungan antara penguasaan kosakata dengan keterampilan berbicara bahasa Jerman; 3) mengetahui hubungan antara kepribadian dan penguasaan kosakata dengan keterampilan berbicara bahasa Jerman mahasiswa. Tipe penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang dilaksanakan pada bulan Oktober- Desember 2023 dengan jumlah sampel 15 responden. Sampel penelitian terdiri dari mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah produktive Sprechfertigkeit A2.2 pada Prodi Pendidikan Bahasa Jerman, universitas Pattimura dengan menggunakan teknik random sampling. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel kepribadian dan penguasaan kosakata sebagai variabel bebas dan keterampilan berbicara bahasa Jerman sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data dilakukan tes keterampilan berbicara bahasa Jerman yang terstandarisasi GeR (Gemeinsamer europäischer Referenzrahmen) dan tes penguasaan kosakata pada level kebahasaan A2. Data kepribadian dikumpulkan melalui kuesioner. Persyaratan analisis statistik menggunakan uji normalitas, homogenitas dan liniearitas. Kemudian, data dianalisis menggunakan analisis korelasi sederhana dan uji korelasi ganda menggunakan analisis regresi linear berganda untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan 1) adanya hubungan signifikan antara kepribadian dengan keterampilan berbicara bahasa Jerman, diperoleh nilai p= 0,011 dengan tingkat signifikansi sebesar 5% dan koefisien korelasi r sebesar 0,632; 2) adanya hubungan signifikan antara penguasaan kosakata dengan keterampilan berbicara bahasa Jerman yang ditandai dengan nilai koefisien korelasi r = 0,623 dan nilai p= 0,013; 3) adanya hubungan yang kuat dan signifikan antara kepribadian dan penguasaan kosakata dengan keterampilan berbicara bahasa Jerman, dimana nilai sig. F change sebesar 0,015 sehingga nilai sig. F change < 0,05 dan R = 0,711.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-14
How to Cite
-, F., Tomasouw, J., & Tamaela, I. (2024). Hubungan antara Kepribadian dan Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Pattimura. J-EDu: Journal - Erfolgreicher Deutschunterricht, 4(1), 44-51. https://doi.org/10.30598/J-EDu.4.1.44-51