Implementasi Pelaksanaan Entry Behavior, Matrikulasi dan Kemampuan Reseptif Mahasiswa (Suatu Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Tahun Ajaran 2022/2023)

  • Jolanda Tomasouw Universitas Pattimura
  • Juliaans E. R. Marantika
Keywords: Kata Kunci: Entry behavior, Matrikulasi, Kemampuan Reseptif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah pelaksanaan kegiatan entry behavior berdampak pada keterampilan reseptif mahasiswa atau tidak. Pelaksanaan kegiatan entry behavior  dilaksanakan pada setiap awal perkuliahan bagi mahasiswa baru bertujuan untuk mengukur pengetahuan awal mahasiswa yang merupakan pengetahuan siap bagi mahasiswa dalam aktivitas pembelajaran,  Sampel penelitian adalah mahasiswa semester I Angkatan 2022/2023 yang berjumlah 17 mahasiswa. Peneltian ini megggunakan pendekatan korelasional untuk melihat apakah ada hubungan antara entry behavior dan kemampuan reseptif. Dari hasil analisis  dengan menggunakan teknik  product moment  menunjukkan bahwa t hitung ≥ t table yakni 0,815 ≥ 0.455 itu menunjukan bahwa pelaksanaan entry behavior yang dilanjutkan dengan matrikulasi berkorelasi dengan kemampuan reseptif mahasiswa pada semester satu. Itu berarti bahwa pelaksanaan entry behavior perlu dilakukan lebih efektif. Pengetahuan awal sebagai kombinasi antara pengetahuan dan keterampilan. Jadi, dapat dikatakan bahwa pengetahuan awal melalui tes entry behavior adalah pengetahuan yang dibangun oleh mahasiswa sebelum proses pembelajaran pada perguruan tinggi dan hal tersebut sangat berkorelasi dengan hasil kemampuan reseptif mahasiswa yang diikuti selama satu semester.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-06-23
How to Cite
Tomasouw, J., & Marantika, J. (2023). Implementasi Pelaksanaan Entry Behavior, Matrikulasi dan Kemampuan Reseptif Mahasiswa (Suatu Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Tahun Ajaran 2022/2023). J-EDu: Journal - Erfolgreicher Deutschunterricht, 3(1), 8-15. https://doi.org/10.30598/J-EDu.3.1.8-15