MOTIVASI KERJA GURU DAN KEPEMIMPINANN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PADA SMA NEGERI DI KECAMATAN KAIRATU KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT

  • Petronela Wattimena Universitas Pattimura
  • P Rahabav Universitas Pattimura
  • A Sahalessy Universitas Pattimura

Abstract

Kinerja guru menjadi unsur utama dalam peningkatan kualitas pendidikan. Oleh karena itu, peningkatan kinerja guru perlu mendapat perhatian yang serius dari berbagai pihak. Motivasi kerja guru dan kepemimpinan kepala sekolah merupakan salah satu faktor yang dapat digunakan untuk memprediksi tinggi rendahnya kinerja guru. Semakin tinggi motivasi kerja guru dan semakin baik kepemimpinan kepala sekolah, maka semakin tinggi kinerja guru.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru pada SMA Negeri di Kecamatan Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat, (2) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru pada SMA Negeri di Kecamatan Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat, (3) pengaruh motivasi kerja guru dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru pada SMA Negeri di Kecamatan Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 108 orang dan melalui teknik simple random sampling diperoleh sampel sebanyak 85 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif menggunakan analisis linear sederhana untuk uji hipotesis pertama dan kedua dan regresi ganda untuk uji hipotesis ketiga.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) motivasi kerja guru berpengaruh terhadap kinerja guru, ini dibuktikan dengan nilai signifikan 0.000 (probabilitas<0.05). Bukti lain dapat dilihat melalui besarnya nilai thitung > ttabel (61.890 > 1.663). (2) Kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru, dibuktikan dengan nilai signifikan 0.000 (probabilitas<0.05). Bukti lain dapat dilihat melalui besarnya nilai thitung > ttabel (58.861 > 1.663). (3) motivasi kerja guru dan kepemimpinan kepala sekolah secara simultan berpengaruh terhadap kinerja guru, ini dibuktikan dengan nilai signifikan 0.000 (probabilitas<0.05). Bukti lain dapat dilihat melalui besarnya nilai Fhitung > Ftabel (2265.789 > 3.11).

Dari hasil penelitian ini diharapkan agar kedepan guru dan kepala sekolah lebih meningkatkan kinerjanya.  Kepala sekolah dapat menerapkan fungsi dan perannya untuk mendorong dan memotivasi warga sekolah (terlebih guru) sehingga guru dapat mengembangkan diri menjadi guru yang kreatif dan inovatif

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-06-30
How to Cite
Wattimena, P., Rahabav, P., & Sahalessy, A. (2023). MOTIVASI KERJA GURU DAN KEPEMIMPINANN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PADA SMA NEGERI DI KECAMATAN KAIRATU KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 1(1), 1-13. Retrieved from https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/jmp/article/view/7328