HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN EFEKTIF DAN IKLIM SEKOLAH DENGAN KREATIVITAS GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN SAPARUA TIMUR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara: 1) Kepemimpinan efektif dengan kreativitas guru, 2) Iklim sekolah dengan kreativitas guru, 3) Kepemimpinan efektif, dan iklim sekolah secara bersama-sama dengan kreativitas guru. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Populasi penelitian adalah guru SMP Negeri di Kecamatan Saparua Timur dan sampel penelitian adalah seluruh polulasi sebanyak 60 responden. Instrumen pengumpulan data melalui penyebaran dan pengisian angket/kuesioner.Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kepemimpinan efektif dengan kreativitas guru. Hal ini terlihat dari nilai korelasi r hitung 0,726 lebih besar dari nilai r tabel dan nilai > ( 8,032 > 2,002), maka Ho ditolak dan H diterima dengan signifikansi lebih kecil dari 0,05. (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara iklim sekolah dengan kreativitas guru. Hal ini terlihat dari nilai korelasi > ( 0,645 > 0,2542), lebih besar dari nilai r tabel dan nilai nilai > ( 6,430 > 2,002) dengan signifikansi sebesar 0,000, maka Ho ditolak dan H diterima dengan signifikansi dari 0,000 lebih kecil dari 0,05. (3) Terdapat hubungan hubungan yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara kepemimpinan efektif, dan iklim sekolah dengan kreativitas guru. nilai probabilitas (sig. F change) Hasil uji F, Fhitung 41,351 > 3,159 F tabel dengan signifikasi < 0,05 (0,000 < 0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya kepemimpinan efektif (X1), dan iklim sekolah (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kreativitas guru (Y)
Downloads
Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.